PERAN ORANG TUA YANG BERPROFESI SEBAGAI ABDI DALEM DALAM PEMBINAAN RELIGIUSITAS ANAK (STUDI KASUS TERHADAP SISWA MI MA’ARIF GIRILOYO 2)

HERLINA DWI NOVITASARI , NIM. 10481032 (2014) PERAN ORANG TUA YANG BERPROFESI SEBAGAI ABDI DALEM DALAM PEMBINAAN RELIGIUSITAS ANAK (STUDI KASUS TERHADAP SISWA MI MA’ARIF GIRILOYO 2). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORANG TUA YANG BERPROFESI SEBAGAI ABDI DALEM DALAM PEMBINAAN RELIGIUSITAS ANAK (STUDI KASUS TERHADAP SISWA MI MA’ARIF GIRILOYO 2))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORANG TUA YANG BERPROFESI SEBAGAI ABDI DALEM DALAM PEMBINAAN RELIGIUSITAS ANAK (STUDI KASUS TERHADAP SISWA MI MA’ARIF GIRILOYO 2))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (132kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah keluarga merupakan unsur pembentuk masyarakat yang mempunyai beberapa macam fungsi, salah satunya adalah fungsi religiusitas, artinya dalam keluarga mempunyai kewajiban memperkenalkan, membimbing, memberi teladan, dan melibatkan anak dan seluruh anggota keluarga mengenal kaidah- kaidah agama dan perilaku keagamaan untuk hidup beragama. Orang tua mempunyai peran dalam menanamkan nilai-nilai agama pada anak agar anak memiliki pedoman hidup yang benar.Keluarga dalam hal ini orang tua mempunyai tanggung jawab penuh terhadap pembinaan religiusitas anak-anaknya.Pekerjaan yang dijalani oleh orang tua juga mempengaruhi peran orang tua dalam pembinaan religiusitas anak. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana kondisi religiusitas anak MI Ma’arif Giriloyo 2 yang orang tuanya berprofesi sebagai abdi dalem ?(2) Bagaimana peran orang tua terhadap pembinaan religiusitas anak pada siswa MI Ma’arif Giriloyo 2, Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar anak-anak yang bersekolah di MI Ma’arif Giriloyo 2 yang orang tuanya bekerja sebagai abdi dalem di Makam Raja-raja Imogiri.Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Analisa data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Kondisi religiusitas anak MI Ma’arif Giriloyo 2 yang berprofesi sebagai abdi dalem, nilai Aqidah sudah tertanam dengan baik anak sudah yakin bahwa Tuhan mereka adalah Allah dan sudah percaya bahwa yang mencpitakan alam seisinya adalah Allah. Nilai Ibadah anak terlihat sebagian besar anak sudah menjalankan shalat wajib dan puasa wajib dengan tertib. Namun untuk shalat sunnah dan puasa sunnah anak belum bisa menjalankan dengan baik. Nilai Akhlak anak sebagian besar sudah tertanam baik dalam diri anak. Akhlak (2) peran orang tua dalam pembinaan religiuistas anak di berikan di rumah, di sekolah, di mushola atau tempat ibadah dan masyarakat.Orang tua sebagai penanggung jawab dan pendidik. Peran orang tua diantaranya penanaman tauhid, pembinaan shalat lima waktu, pembinaan melaksanakan puasa wajib, pembinaan akhlak kepribadian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : H. Jauhar Hatta, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peran, Pembinaan, Orang Tua, Abdi Dalem, Religiusitas Anak
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 08 Jul 2014 02:30
Last Modified: 07 Feb 2017 03:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13513

Actions (login required)

View Item View Item