KONTRIBUSI PROGRAM FIFTEEN MINUTES CLEANING PROJECT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MI MA’ARIF GIRILOYO 1 WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL

DEWI NURMILASARI, NIM. 10480002 (2014) KONTRIBUSI PROGRAM FIFTEEN MINUTES CLEANING PROJECT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MI MA’ARIF GIRILOYO 1 WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI PROGRAM FIFTEEN MINUTES CLEANING PROJECT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MI MA’ARIF GIRILOYO 1 WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI PROGRAM FIFTEEN MINUTES CLEANING PROJECT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MI MA’ARIF GIRILOYO 1 WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)

Abstract

Dewi Nurmilasari. “Kontribusi Program Fifteen Minutes Cleaning Project dalam meningkatkan Kedisiplinan peserta Didik di Mi Ma’arif Giriloyo 1 Wukirsari Imogiri Bantul”. Skripsi. Yogyakarta: Program Stusi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islm Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi program fifteen minutes cleaning project dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MI Ma’arif Giriloyo 1 Wukirsari Imogiri Bantul. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi program fifteen minutes cleaning project dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MI Ma’arif Giriloyo 1 Wukirsari Imogiri Bantul. 2) Apa kontribusi program fifteen minutes cleaning project dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MI Ma’arif Giriloyo 1 Wukirsari Imogiri Bantul. 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat program fifteen minutes cleaning project dalam meningkatan kedisiplinan peserta didik di MI Ma’arif Giriloyo 1 Wukirsari Imogiri Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MI Ma’arif Giriloyo 1 Wukirsari Imogiri Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah data reduction, data display, dan verification. Hasil dari penelitian menunjukkan: 1) Implementasi program peduli lingkungan fifteen minutes cleaning project dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MI Ma’arif Giriloyo 1 Wukirsari Imogiri Bantul dilaksanakan setiap pagi hari. Dimulai pada pukul 06.45 dan diakhiri pada pukul 07.00. Kegiatan peduli lingkungan ini diikuti oleh semua peserta didik kelas 1 sampai kelas 6 dengan dibimbing oleh kepala madrasah dan guru kelas. Lokasi pelaksanaan program peduli lingkungan ini meliputi lingkungan kelas dan halaman madrasah. 2) Kontribusi program fifteen minutes cleaning project dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik yaitu adanya pengaruh disiplin dalam perilaku, pengaruh sikap peserta didik dalam mentaati tata tertib, pengaruh disiplin terhadap kepribadian peserta didik. 3) Faktor pendukung implementasi program fifteen minutes cleaning project dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik adalah: a. Keterlibatan langsung kepala madrasah dan guru sebagai pendamping, sehingga kegiatan tersebut dapat dipantau dan diarahkan sebagaimana mestinya, b. Tersedianya sarana dalam mendukung pelaksanaan program, c. Peserta didik selalu datang tepat waktu. Sedangkan faktor penghambat dari implementasi program fifteen minutes cleaning project dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik adalah: a) adanya peserta didik yang bermalas-malasan dalam mengikuti program, b) tidak semua guru ikut terlibat dalam melakukan pendampingan program, c) kendala dalam pengelolaan sampah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Nur Hidayat, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Fifteen minutes cleaning project, kedisiplinan peserta didik.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Jul 2014 10:05
Last Modified: 31 Jan 2017 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13519

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum