PERANAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA 2007/2008

IKA RAHMAWATI - NIM. 03420276 , (2008) PERANAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA 2007/2008. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERANAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA 2007-2008)
BAB 1, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERANAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA 2007-2008)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan motivasi Intrinsik terhadap prestasi belajar bahasa Arab kelas X dan XI IPA, IPS di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta. Siswa Madrasah Aliyah Wahid Hasyim berjumlah 89 siswa yang tersebar di lima kelas yaitu satu kelas X, dua kelas XI, dan dua kelas XII yang terbagi dalam dua jurusan yaitu IPA dan IPS. Sampel penelitian ini terdiri atas 55 siswa yang diambil dari 3 kelas yaitu X, XI IPA, XI IPS, teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Dengan penelitian ini di harapkan dapat membrikan masukan tentang pentingnya motivasi intrinsik untuk di miliki oleh seorang siswa untuk mencapai hasil yang maksimal. Data prestasi belajar siswa diperoleh dari hasil ujian tengah semester, sedangkan data motivasi Intrinsik diperoleh dengan metode angket, observasi dan wawancara. Metode angket, dengan memberikan pernyataan berjumlah 48 pernyataan yang harus di beri check oleh siswa, Metode observasi digunakan untuk memperoleh data tentang letak geografis, keadaan dan kondisi sekolah secara umum, dan keadaan proses pembelajaran di dalam kelas. Sedangkan metode wawancara digunakan untuk mendukung data agar lebih mendapatkan data yang sebenarnya (asli). Analisis yang digunakan dalam mengintepretasikan data angket adalah korelasi product moment. Hasil analisis menunjukkan : 1). Motivasi Intrinsik siswa kelas X, XI IPA dan IPS dalam pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Wahid HasyimYogyakarta termasuk dalam kategori cukup tinggi, 2). Terdapat peranan motivasi Intrinsik terhadap prestasi belajar bahasa Arab kelas X dan XI IPA, IPS di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta. Hal ini menunjukkan bahwa teori tentang motivasi intrinsik masih relevan digunakan dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Motivasi intrinsik, prestasi belajar, bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 06 Jun 2012 11:12
Last Modified: 31 Mar 2017 06:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1353

Actions (login required)

View Item View Item