NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL AMELIA KARYA TERE LIYE DAN RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)

BAYU CAHYO RAHTOMO , NIM. 09480120 (2014) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL AMELIA KARYA TERE LIYE DAN RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL AMELIA KARYA TERE LIYE DAN RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL AMELIA KARYA TERE LIYE DAN RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)

Abstract

BAYU CAHYO RAHTOMO, “Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Amelia Karya Tere Liye dan Relevansinya bagi Anak Usia Madrasah Ibtidaiyah (MI)”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2014. Degradasi karakter dikalangan generasi muda, khususnya peserta didik di sekolah, sering kita saksikan di berbagai media massa. Dalam acara di beberapa stasiun televisi, juga tidak sedikit menayangkan sikap anak yang kurang hormat terhadap kedua orang tua, guru, orang yang lebih tua, dan tokoh masyarakat yang lain. Fenomena ini dapat diilustrasikan sebagai sosok anak bangsa yang berada dalam kondisi split personality (kepribadian yang pecah, tidak utuh). Krisis tersebut bersumber dari krisis moral/akhlak yang secara langsung atau tidak langsung berkaitan dengan pendidikan. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia sudah mulai kehilangan karakter sebagai bangsa yang santun dan jujur. Oleh sebab itu, negara perlu mengoptimalkan pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah sebagai salah satu solusi membendung degradasi karakter peserta didik. Novel ini penting untuk diteliti karena isi dari novel ini dapat kita lihat bagaimana corak pemikiran Amelia sebagai pemeran utama dalam novel ini dimana pada setiap kejadian dan peristiwa dalam novel ini akan kita dapatkan pemahaman yang luar biasa. Novel ini sangat mencerminkan keseharian kebanyakan orang Indonesia. Tanggapan ini penulis dasari dari setting tempat novel Amelia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang ada di dalam novel Amelia karya Tere Liye dan Relevansinya bagi Anak Usia Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian kepustakaan (library search). Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (content analysis). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan adanya beberapa nilai pendidikan karakter yang ada di dalam novel Amelia Karya Tere Liye antara lain nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. Sedangkan relevansi nilai pendidikan karakter dalam novel Amelia karya Tere Liye ada kesesuaian antara nilai pendidikan karakter dalam novel bagi anak usia Madrasah Ibtidaiyah. Sehingga novel Amelia Karya Tere Liye cocok untuk digunakan guru sebagai bahan referensi tambahan yang relevan dalam menunjang pengajaran dan penanaman nilai pendidikan karakater untuk anak usia Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Luluk Mauluah, M. Si., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Novel Amelia Karya Tere Liye
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Jul 2014 09:20
Last Modified: 31 Jan 2017 14:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13539

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum