UPAYA SD MUHAMMADIYAH PAKEL PROGRAM PLUS UMBULHARJO YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK

DIAH FEBRIANI , NIM. 10480020 (2014) UPAYA SD MUHAMMADIYAH PAKEL PROGRAM PLUS UMBULHARJO YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA SD MUHAMMADIYAH PAKEL PROGRAM PLUS UMBULHARJO YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (UPAYA SD MUHAMMADIYAH PAKEL PROGRAM PLUS UMBULHARJO YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (431kB)

Abstract

Diah Febriani, “Upaya SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Umbulharjo Yogyakarta dalam Meningkatkan Religiusitas Peserta didik” Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar Belakang penelitian ini adalah bahwa peneliti masih menjumpai beberapa peserta didik SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Umbulharjo Yogyakarta memiliki perilaku yang kurang terpuji, hal ini nampak dari segi ucapan dan perbuatan peserta didik yang jauh dari sisi religiusitas serta ibadah shalat peserta didik yang belum sempurna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Upaya SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Umbulharjo Yogyakarta dalam Meningkatkan Religiusitas Peserta didik. (2) Faktor pendukung dan Penghambat yang dihadapi SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Umbulharjo Yogyakarta dalam meningkatkan religiusitas Peserta didik. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan yaitu peneliti, pedoman wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, koordinator kesiswaan, koordinator ekstra kurikuler, guru program plus, guru pendidikan Al-Islam, dan peserta didik SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Umbulharjo Yogyakarta sedangkan obyek penelitian ini adalah segala kegiatan di SD Muhammadiyah Pakel program Plus Umbulharjo Yogyakarta yang bermuatan religiusitas. Teknik analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Upaya SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Umbulharjo Yogyakarta dalam meningkatkan religiusitas peserta didik melalui berbagai kegiatan islami seperti pembiasaan akhlak mulia yang mencakup pembiasaan senyum salam sapa, pembiasaan maaf permisi terimakasih, pembiasaan sikap baik, dan pembiasaan do’a-do’a. Upaya selanjutnya yaitu shalat berjama’ah, tadarus, pembelajaran program plus, pembelajaran Pendidikan Al-Islam, ekstra kurikuler Seni Baca Al-Qur’an, pesantren ramadhan, Malam Bina Umat (Mabit), dan Peringatan Hari Besar Islam (PBHI). (2) Faktor yang menjadi pendukung SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Umbulharjo Yogyakarta dalam meningkatkan religiusitas peserta didik yaitu dorongan visi misi, sistem yang baik, ketersediaan fasilitas, kualitas SDM, terdapatnya buku monitoring dan kartu prestasi tahfidz, keteladanan guru, partisipasi orangtua peserta didik, dan keteraturan jadwal. Sedangkan yang menjadi penghambat yaitu latar belakang ekonomi keluarga, latar belakang sosial budaya keluarga, kesibukan orangtua peserta didik, faktor internal peserta didik, serta keterlambatan belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : H. Jauhar Hatta, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Upaya sekolah, Peningkatan religiusitas, Peserta didik.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 10 Jul 2014 02:31
Last Modified: 31 Jan 2017 07:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13542

Actions (login required)

View Item View Item