IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS (STUDI KASUS DI KELAS VI MIN YOGYAKARTA I MLATI SLEMAN YOGYAKARTA)

ISNAINI FAJARWATI NUR UTAMI , NIM. 10481021 (2014) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS (STUDI KASUS DI KELAS VI MIN YOGYAKARTA I MLATI SLEMAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS (STUDI KASUS DI KELAS VI MIN YOGYAKARTA I MLATI SLEMAN YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS (STUDI KASUS DI KELAS VI MIN YOGYAKARTA I MLATI SLEMAN YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (989kB)

Abstract

ISNAINI FAJARWATI NUR UTAMI “Implementasi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) pada Mata Pelajaran Al- Qur’an Hadis (Studi Kasus di Kelas VI MIN Yogyakarta I Mlati Sleman Yogyakarta)”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Untuk mewujudkan kompetensi lulusan Madrasah yang mampu mengamalkan pembelajaran Al-Qur’an Hadis di kehidupan sehari-hari, guru Al- Qur’an Hadis kelas VI menggunakan pembelajaran PAKEM. Dengan model pembelajaran tersebut diharapkan hasil pembelajaran yang di diperoleh siswa dapat optimal serta mampu membuat siswa aktif, kreatif dan senang mengikuti pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif analitik yaitu dengan prosedur: pengumpulan data, reduksi data dan menarik kesimpulan. Adapun teknik memeriksa keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber data. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Implementasi pembelajaran PAKEM pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VI di MIN Yogyakarta I sudah berjalan dengan baik. Keaktifan siswa dapat terlihat pada setiap pembelajaran dimana siswa terlihat aktif secara fisik maupun mental. Kreatifitas siswa dapat dilihat dari siswa mampu menghafal surat Al-Bayyinah dengan memahami ayat perayat. Selain itu, siswa mampu menerjemahkan surat Al-Bayyinah dan hadis tentang amal shalih dengan memahami arti lafal perkata. Kreativitas siswa yang lain juga terlihat di kelas VIB, siswa diminta mengajari temannya untuk menghafalkan surat Al-Bayyinah. Pembelajaran efektif dapat dilihat dari siswa yang mengalami peningkatan hafalan surat Al-Bayyinah setelah guru menggunakan metode tutor sebaya di kelas VIB dan menghafal mandiri di kelas VIA. Selain itu, siswa mampu menerjemahkan surat Al-Bayyinah dan hadis tentang amal shalih dengan baik. Pembelajaran menyenangkan dapat dilihat dari guru menggunakan metode pembelajaran yang mampu mengaktifkan siswa, guru juga melakukan permainan, dan membuat kelucuan saat pembelajaran berlangsung. 2) Faktor pendukung dari implementasi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) pada mata pelajararan Al-Qur’an Hadis kelas VI di MIN Yogyakarta I Mlati Sleman Yogyakarta meliputi: diklat, bimtek, guru yang mampu dalam bidangnya, dan minat belajar siswa yang tinggi terhadap mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Sedangkan faktor penghambat implementasi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) pada mata pelajararan Al-Qur’an Hadis kelas VI di MIN Yogyakarta I Mlati Sleman Yogyakarta meliputi: waktu mengajar yang berbenturan dengan kegiatan lain, waktu pembuatan media pembelajaran yang minim, dan fasilitas sekolah yang kurang dimanfaat dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : H Jauhar Hatta, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Implementasi PAKEM, Pembelajaran Al-Qur’an Hadis MI
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 10 Jul 2014 08:58
Last Modified: 16 Feb 2017 03:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13548

Actions (login required)

View Item View Item