MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI IPS 2 SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2013/2014 (TINJAUAN NON LINGUISTIK)

MUHAMMAD NUR KHALIMUDDIN , NIM. 10420044 (2014) MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI IPS 2 SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2013/2014 (TINJAUAN NON LINGUISTIK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI IPS 2 SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2013/2014 (TINJAUAN NON LINGUISTIK) )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI IPS 2 SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2013/2014 (TINJAUAN NON LINGUISTIK) )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)

Abstract

Muhammad Nur Khalimuddin. Penelitian Lapangan “Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 1 Pekalongan Tahun Ajaran 2013/2014 (Tinjauan Non Linguistik)”. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekalongan dalam mempelajari bahasa Arab. Karena tidak adanya perkembangan dalam prestasi belajar bahasa Arab siswa dari tahun ke tahun. Faktor dasar yang paling menunjukkan kemauan belajar dan baiknya prestasi belajar adalah timbulnya minat. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Researh).Sementara itu metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan observasi, interview, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Minat belajar bahasa Arabkelas XI IPS 2 SMAMuhammadiyah1Pekalongan Tahun Ajaran 2013/2014 masih rendah. Kemudian nilai rata-rata bahasa Arabnya juga masih rendah atau di bawah standar.(2)Faktor yang mempengaruhi minat belajar bahasa Arab siswa kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 1 Pekalongan Tahun Ajaran 2013/2014 adalah faktor dari siswa itu sendiri. Yaitu kurangnya kesadaran untuk belajar lebih giat untuk menguasai bahasa Arab. Kemudian waktu pelajaran yang sangat sempit pada akhirnya membuat siswa kesulitan untuk dapat menguasai materi pelajaran bahasa Arab, sehingga minat siswa cenderung berkurang dengan adanya kesulitan tersebut. Kurangnya fasilitas di sekolah untuk pelajaran bahasa Arab juga mempengaruhi minat siswa. Jika fasilitas telah memadai dan mencukupi siswa dengan sendirinya akan tertarik untuk belajar bahasa Arab lebih giat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dudun Hamdun, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Minat Belajar Bahasa Arab, Tinjauan Non Linguistik.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Jul 2014 16:15
Last Modified: 21 Jul 2017 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13555

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum