PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BATIK DI KELAS V MI MA’ARIF GIRILOYO I IMOGIRI BANTUL

MARZUMAH, NIM. 10480021 (2014) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BATIK DI KELAS V MI MA’ARIF GIRILOYO I IMOGIRI BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BATIK DI KELAS V MI MA’ARIF GIRILOYO I IMOGIRI BANTUL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BATIK DI KELAS V MI MA’ARIF GIRILOYO I IMOGIRI BANTUL)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

MARZUMAH, Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Batik di Kelas V MI Ma’arif Giriloyo I Imogiri Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah dalam upaya menanamkan pendidikan karakter kepada peserta didik, MI Ma’arif Giriloyo I Imogiri Bantul lebih banyak mengintegrasikkannya dalam proses pembelajaran. Termasuk juga pelajaran batik. Pendidikan karakter banyak dikembangkan melalui pelajaran batik karena dalam pelajaran batik terutama ketika proses membatik karakter baik peserta didik banyak terbentuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran batik di kelas V MI Ma’arif Giriloyo I Imogiri Bantul dan untuk mengetahui karakter yang dikembangkan dalam pembelajaran batik di kelas V MI Ma’arif Giriloyo I Imogiri Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian lapangan (field research) dengan mengambil latar belakang di MI Ma’arif Giriloyo I Imogiri Bantul. Subyek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, guru mata pelajaran batik kelas V dan peserta didik kelas V. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi yaitu teknik pemeriksaan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain diluar data itu untuk keperluan mengecek dan membandingkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran batik yang dilakukan pada semester II ini adalah praktek membatik, yaitu dimulai dengan menggambar pola pada kain mori, membatik dengan teknik pemalaman, proses pewarnaan kain, dan terakhir menggodok kain yang telah diwarna. Nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam pembelajaran batik diantaranya yaitu: nilai religius, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, cinta tanah air, peduli lingkungan dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Sedya Santosa, S.S., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran Batik MI, Pendidikan Karakter
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Jul 2014 16:24
Last Modified: 20 Feb 2017 13:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13558

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum