TINGKAT PROFESIONALITAS GURU BAHASA ARAB PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA

IMROATUN FATIMAH - NIM. 03420308, (2008) TINGKAT PROFESIONALITAS GURU BAHASA ARAB PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (TINGKAT PROFESIONALITAS GURU BAHASA ARAB PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA)
BAB 1, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (TINGKAT PROFESIONALITAS GURU BAHASA ARAB PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profesionalitas guru bahasa Arab dilihat dari latar belakang pendidikan dan mengukur serta mengevaluasi tingkat kompetensi pedagogik, kompetensi personal, kompetensi profesional dan kompetensi sosial di Madrasah Aliyah Negeri Kota Yogyakarta yang berjumlah 7 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Untuk metode penganalisissan data kualitatif, peneliti menggunakan metode kerangka berfikir induktif dan deduktif, dan data kuantitatif mengggunakan rumus statistik skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Profesionalitas guru bahasa Arab Madrasah Aliyah Negeri Kota Yogyakarta dapat dilihat dari latar belakang pendidikan yakni memiliki ijazah strata satu (S-1). Dengan demikian secara akademik sudah dikatakan profesional. Selain itu profesionalitas guru tersebut juga dapat dilihat dari kemampuanya dalam melaksanakan tugas profesinya, yang meliputi kompetensi pedagogik, personal, profesional, dan sosial. 2). Dari hasil penelitian, dalam proses balajar mengajar guru bahasa Arab telah mampu menjalankan profesinya dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana kompetensi pedagogik yang telah dimiliki oleh guru bahasa Arab Madrasah Aliyah Negeri Kota Yogyakarta yakni, mampu mengenal karakteristik peserta didik, mampu mengelola kelas, mampu mempersiapkan materi sampai pada pelaksanaan evaluasi. Keberhasilan proses belajar mengajar tersebut juga didukung oleh kompetensi personal dan kompetensi sosial yakni dengan disiplin waktu, semangat serta etos kerja dan tingkah laku yang dimiliki oleh guru dapat diteladani oleh peserta didik, mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik kepada atasan sesama tenaga pendidik dan kepada karyawan, menjunjung norma yang berlaku baik dalam lingkungan sekolah maupun dalam lingkungan masyarakat tempat tinggal. Di samping itu guru bahasa Arab juga memiliki kompetensi profesional yang meliputi: merencanakan program pengajaran, mengasai materi, mampu menggunakan variasi metode, mampu memanfaatkan media yang ada, selain itu guru juga selalu berupaya meningkatkan pengetahuannya dengan membaca buku-buku dan mengikuti pelatihan-pelatihan. Keempat kompetensi tersebut merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses belajar mengajar yang dikelolanya. Dari beberapa indikator kompetensi keguruan yang dimiliki oleh guru dalam proses belajar mengajar dapat diperoleh kesimpulan bahwa tingkat profesionalitas guru bahasa Arab Madrasah Aliyah Negeri Kota Yogyakarta, dari kompetensi pedagogik masuk dalam kriteria baik, kompetensi personal dalam kriteria sangat baik, kompetensi profesional dalam kriteria baik, dan kompetensi sosial dalam kriteria baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Maksudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Profesionalitas guru, bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 06 Jun 2012 18:31
Last Modified: 31 Mar 2017 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1356

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum