KONSEP KESETARAAN GENDER PERSPEKTIF R.A KARTINI DALAM PENDIDIKAN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

MAT SUEF , NIM. 10411081 (2014) KONSEP KESETARAAN GENDER PERSPEKTIF R.A KARTINI DALAM PENDIDIKAN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP KESETARAAN GENDER PERSPEKTIF R.A KARTINI DALAM PENDIDIKAN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KONSEP KESETARAAN GENDER PERSPEKTIF R.A KARTINI DALAM PENDIDIKAN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)

Abstract

MAT SUEF. Konsep Kesetaraan Gender Perspektif R.A. Kartini dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini dilatar belakangi adanya diskriminasi terhadap perempuan pada masa Kartini. Perempuan dalam kebudayaan Jawa berada pada posisi subordinat dan marginal. Hal itu juga menyempitkan ruang gerak perempuan untuk dapat berperan aktif di luar lingkup domestik. Perempuan sekian lama terkurung dan terpasung dalam budaya feodal. Hal inilah yang membuat Kartini memberontak budaya Jawa yang dianggap membelenggu kaum perempuan. Kartini berpikiran maju, kritis dan bernuansa masa depan pada masanya. Ia menginginkan agar perempuan diberi hak dan kesempatan yang sama dalam memperoleh pendidikan. Sedangkan pemerintah sudah mengupayakan adanya pemerataan dalam pendidikan. Pada kenyataannya dapat dilihat dari suatu institusi lembaga pendidikan masih ada bias gender yaitu pembuatan kurikulum yang masih didominasi oleh kaum laki-laki, sehingga kaum perempuan kurang berperan didalamnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep kesetaraan gender R.A Kartini dalam pendidikan dan untuk mengetahui relevansinya terhadap pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, termasuk daam kategori pelenitian kepustakaan (library search). Pengumpulan data menggunakan dokumentasi yaitu berdasarkan surat-surat dan nota-nota kartini kepada sahabat penanya, yang diterbitkan ketika Kartini sudah Meninggal. Penelitian ini menggunakan pengelolahan data diskriptif analisis untuk mendapat gambaran tentang pemikiran kartini tentang kesetaraan gender dalam pendidikan secara obyektif dan sistematis. Dengan menggunakan metode induktif untuk memahami seluruh pemikiran R.A. Kartini untuk memperoleh kejelasan mengenai kesetaraan gender dalam pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) konsep kesetaraan gender kartini adalah memberikan hak dan kesempatan yang sama antara laki-laki dan perempuan dalam memperoleh pendidikan. Yaitu pertama, dengan terbukanya akses pendidikan maka perempuan dan laki-laki mendapat pendidikan yang memadai. Kedua, kartini berjuang agar perempuan mendapat kedudukan yang sama sehingga perempuan dapat berpartisipasi dalam lingkungan masyaraktnya terutama dalam bidang pendidikan. Ketiga, Laki-laki dan perempuan mempunyai tugas yang sama dalam mengamalkan cita-citanya untuk membangun bangsa dan negaranya. (2) dalam ajaran Islam terdapat prinsip kebebasan dimana dalam praktiknya pendidikan tidak membeda-bedakan suku, jenis kelamin laki-laki atau perempuan, ras, kaya atau miskin, dan sebagainya semua mempunyai hak dan kesempatan yang sama untuk mendapat pendidikan. Apabila kesemptan ini tercapai bahwa tidak membedakan antara laki-laki dan perempuan dalam memperoleh pendidikan maka itulah kesetaraan menurut Kartini. Sehingga menciptakan manusia yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia sesuai dengan ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Marhumah, M. Pd.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Jul 2014 16:30
Last Modified: 10 Jul 2014 16:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13560

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum