PENGEMBANGAN MODUL BELAJAR MANDIRI MATERI ASPEK GEOMETRI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA SD/MI

MELANI KHUSNA SANTIKA DEWI , NIM. 10481035 (2014) PENGEMBANGAN MODUL BELAJAR MANDIRI MATERI ASPEK GEOMETRI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA SD/MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGEMBANGAN MODUL BELAJAR MANDIRI MATERI ASPEK GEOMETRI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA SD/MI )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text ( PENGEMBANGAN MODUL BELAJAR MANDIRI MATERI ASPEK GEOMETRI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA SD/MI )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB)

Abstract

Melani Khusna Santika Dewi, “Pengembangan Modul Belajar Mandiri Materi Aspek Geometri Dalam Pembelajaran Matematika untuk Siswa SD/MI”. Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2014. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan produk modul belajar mandiri materi aspek geometri dalam pembelajaran matematika untuk siswa SD/MI, (2) mengetahui kelayakan produk modul belajar mandiri materi aspek geometri dalam pembelajaran matematika untuk siswa SD/MI, (3) mengetahui respon siswa kelas VI SD Muhammadiyah Condongcatur terhadap modul belajar mandiri materi aspek geometri dalam pembelajaran matematika untuk siswa SD/MI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R & D (Research and Development). Prosedur penyusunan media pembelajaran modul belajar mandiri ini terdiri dari 5 tahapan, yaitu Analysis, Design, Development dan Production, Implementation, dan Evaluation. Namun pada penelitian ini hanya sampai tahap ADD. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menilai kelayakan media pembelajaran modul belajar mandiri ini yaitu menggunakan lembar skala penilaian. Media pembelajaran dinilai oleh ahli materi, ahli media, peer reviewer, guru matematika, dan direspon oleh 10 siswa SD Muhammadiyah Condongcatur melalui uji coba terbatas. Data nilai kualitas yang diperoleh berupa data kuantitatif yang diubah kedalam bentuk kualitatif, dan data kualitatif tersebut ditabulasi dan dianalisis tiap aspek penilaian. Hasil penelitian yang pertama yaitu berhasil dikembangkan media pembelajaran modul belajar mandiri mata pelajaran matematika aspek geometri (keliling dan luas bangun datar) untuk siswa SD/MI. Hasil kedua yaitu didapat hasil penilaian kelayakan media pembelajaran. Hasil penilaian menurut ahli materi adalah Baik (B) dengan skor 77. Berdasarkan penilaian ahli media adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 48. Berdasarkan penilaian peer reviewer adalah Baik (B) dengan skor 118,5. Berdasarkan penilaian guru matematika adalah Baik (B) dengan skor 117. Dengan demikian, modul belajar mandiri ini layak digunakan dalam pembelajaran matematika untuk siswa SD/MI. Berdasarkan hasil respon siswa maka didapat kesimpulan bahwa sebagian besar siswa merespon positif dengan adanya media modul belajar mandiri materi aspek geometri dalam pembelajaran matematika untuk siswa SD/MI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sigit Prasetyo, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pengembangan Modul Belajar Mandiri, Aspek Geometri, Pembelajaran Matematika SD/MI
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Jul 2014 16:37
Last Modified: 20 Feb 2017 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13561

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum