PEMBELAJARAN KITAB KUNING MELALUI METODE TARJAMAH DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR YOGYAKARTA

MUHAMMAD FAHADDUDIN , NIM. 10420056 (2014) PEMBELAJARAN KITAB KUNING MELALUI METODE TARJAMAH DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PEMBELAJARAN KITAB KUNING MELALUI METODE TARJAMAH DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( PEMBELAJARAN KITAB KUNING MELALUI METODE TARJAMAH DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)

Abstract

Muhammad Fahaddudin, Pembelajaran Kitab kuning Melalui Metode Tarjamah Di Pondok Pesantren Al-Munawwir Yogyakarta, Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Pembimbing Drs. H. Ahmad Rodli, M.SI. Pokok pembahasan, metode pembalajaran tarjamah, kitab kuning dan Pondok Pesantren. Penelitian ini dilakukan untuk mengatahui bagaimana penerapan pembelajaran kitab kuning melalui metodetarjamah di Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak, Bantul, Yogyakarta. Metode pembelajaran tarjamah merupakan metode yang digunakan dalam mengkaji kitab kuning yang masih digunakan di Pondok Pesantren Al-Munawwir Yogyakarta. Bertujuan untuk memudahkan ustadz dan santri dalam proses pembelajaran, metode ini masih dianggap relevan sesuai dengan tujuan pembelajaran di madrasah diniyyah. Pada penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan fenomenologi dengan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian, ini digunakan untuk mengkaji atau meneliti suatu obyek pada latar alamiah tanpa ada manipulasi di dalamnya dan tanpa ada pengujian hipotesis, dengan metode-metode yang alamiah ketika hasil penelitian yang diharapkan bukanlah generalisasi berdasarkan ukuran-ukuran kuantitas, namun makna dari fenomena yang diamati. Untuk memperoleh data yang nyata, maka metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran tarjamah menggunakan metode makna gandul dan gramatika-tarjamah, kedua metode ini masih dirasa efektif sesuai tujuan madrasah diniyyah. Karena heterogenis santri yang berasal dari berbagai daerah dan mengasah kemampuan santri dalam kemahiran gramatikalnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Ahmad Rodli, M.SI
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Jul 2014 08:14
Last Modified: 21 Jul 2017 09:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13567

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum