NILAI–NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL “SURAT KECIL UNTUK TUHAN” KARYA AGNES DAVONAR DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI

NOVITA WULANDARI, NIM. 09480108 (2014) NILAI–NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL “SURAT KECIL UNTUK TUHAN” KARYA AGNES DAVONAR DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI–NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL “SURAT KECIL UNTUK TUHAN” KARYA AGNES DAVONAR DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (NILAI–NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL “SURAT KECIL UNTUK TUHAN” KARYA AGNES DAVONAR DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (253kB)

Abstract

Novita Wulandari, “Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar dan Relevansinya dengan Pembelajaran Aqidah Akhlak di MI”. Program Studi Pendidikan Guru Madradsah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Yogyakarta, 2014 Kalijaga Latar belakang penelitian ini adalah bahwa novel selain dijadikan sebagai bahan bacaan, novel juga dapat dijadikan sebagai media pembelajaran sebagai sarana untuk mengajarkan nilai-nilai akhlak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Surat kecil untuk Tuhan Karya Agnes Davonar dan bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan dengan pembelajaran Aqidah Akhlak di MI. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research) dengan mengambil obj k novel Surat Kecil untuk Tuhan Karya Agnes Davonar. Pendekatan yang digu akan adalah semiotik. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Pada penelitian ini, penulis akan mengungkapkan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Surat kecil untuk Tuhan Karya Agnes Davonar kemudian menafsirkan elevansinya dengan pembelajaran Aqidah Akhlak di MI Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan Karya Agnes Davonar yaitu: hubungan manusia dengan Allah SWT, meliputi tawakal, syukur, Raja’, dan ridho, hubungan manusia dengan Rasullah yaitu dengan mengimani sifat Rasul, hubungan manusia dengan diri sendiri, meliputi mujahadah, sabar, dan pemaaf dan hubungan dengan keluarga, meliputi birrul walidain dan silaturrahim. Kedua, relevansinya antara nilai-nilai akhlak yang terdapat dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan Karya Agnes D vonar dengan pembelajaran Aqidah Akhlak di MI, yaitu nilai-nilai yang muncul dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan Karya Agnes Davonar tersebut termasuk dalam materi Aqidah Akhlak tingkat MI, tujuan yang hendak dicapai dan m tode dalam penanaman nilai akhlakdalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Andi Prastowo, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pendidikan Akhlak, Madrasah Ibtidaiyah, Novel, Nilai
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 11 Jul 2014 05:48
Last Modified: 27 Feb 2017 02:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13574

Actions (login required)

View Item View Item