PENERAPAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V A SEKOLAH DASAR NEGERI 3 KLATEN

NUNUNG NUR JANAH , NIM. 07480012 (2014) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V A SEKOLAH DASAR NEGERI 3 KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V A SEKOLAH DASAR NEGERI 3 KLATEN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V A SEKOLAH DASAR NEGERI 3 KLATEN)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (494kB)

Abstract

NUNUNG NUR JANAH. Penerapan Strategi Active Knowledge Sharing Sebagai Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V A Sekolah Dasar Negeri 3 Klaten. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah: kurangnya keaktifan siswa kelas V A SDN 3 Klaten dalam pembelajaran IPS, karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V A SDN 3 Klaten sebelum penerapan strategi Active Knowledge Sharing. (2) Bagaimana penerapan strategi Active Knowledge Sharing pada pembelajaran IPS di kelas V A SDN 3 Klaten. (3) Seberapa besar peningkatan keaktifan belajar IPS siswa kelas V A SDN 3 Klaten setelah penerapan strategi Active Knowledge Sharing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V A SDN 3 Klaten yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan strategi active knowledge sharing. Penelitian Tindakan Kelas ini terlaksana dalam 4 pertemuan dalam 2. Penelitian ini menggunakan model John Elliot yang pada tiap siklusnya terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh dari lembar observasi keaktifan siswa, hasil wawancara dengan siswa dan guru, serta dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah: (1) Langkah-langkah strategi active knowledge sharing adalah diawali dengan pembagian lembar soal oleh guru kemudian siswa diminta menjawab soal pada lembar soal yang telah diberikan dengan batasan waktu yang telah ditentukan oleh guru. Setelah itu siswa diminta untuk menyebar ke seluruh siswa untuk saling bertukar pikiran dan memastikan kebenaran jawabannya selama batasan waktu yang telah ditentukan. Lalu siswa diminta untuk kembali ketempat semula dan menyampaikan jawaban dengan cara mengacungkan jari telunjuk terlebih dahulu. (2) Keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V A SDN 3 Klaten dengan menggunakan strategi active knowledge sharing mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Peningkatan keaktifan siswa dapat terlihat dari rata-rata persentase hasil observasi keaktifan siswa sebelum dilakukan tindakan 49,33%, pada siklus I persentase rata-ratanya meningkat menjadi 52,66%, pada siklus II persentase rata-ratanya meningkat menjadi 65%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Nur Hidayat, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi Active Knowledge Sharing, Keaktifan, Pembelajaran IPS, SDN 3 Klaten.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 11 Jul 2014 05:51
Last Modified: 27 Feb 2017 02:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13575

Actions (login required)

View Item View Item