“MODEL PEMBELAJARAN EDUTAINMENT: HUMANIZING THE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI EDUKATIF (STUDI TERHADAP KELAS V) DI SD UNGGULAN „AISYIYAH BANTUL”

RIZKA ISNANDARI, NIM. 10480009 (2014) “MODEL PEMBELAJARAN EDUTAINMENT: HUMANIZING THE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI EDUKATIF (STUDI TERHADAP KELAS V) DI SD UNGGULAN „AISYIYAH BANTUL”. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (“MODEL PEMBELAJARAN EDUTAINMENT: HUMANIZING THE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI EDUKATIF (STUDI TERHADAP KELAS V) DI SD UNGGULAN „AISYIYAH BANTUL”)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (895kB) | Preview
[img] Text ( “MODEL PEMBELAJARAN EDUTAINMENT: HUMANIZING THE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI EDUKATIF (STUDI TERHADAP KELAS V) DI SD UNGGULAN „AISYIYAH BANTUL” )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (666kB)

Abstract

RIZKA ISNANDARI, Model Pembelajaran Edutainment: Humanizing The Classroom Dalam Meningkatkan Interaksi Edukatif (Studi Terhadap Kelas V) Di SD Unggulan „Aisyiyah Bantul, Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2014. Latar belakang penelitian ini adalah kegelisahan peneliti terhadap pendidikan yang berlangsung selama ini. Peneliti masih banyak menemukan di berbagai sekolah yang belum mampu melaksanakan pembelajaran humanis. Di sekolah, siswa justru mengalami berbagai macam tekanan, mulai dari banyaknya materi pelajaran yang harus dikuasai, tidak diberikan kebebasan untuk mengekspresikan dirinya serta menjadikan mereka layaknya robot yang dikendalikan oleh guru, sekolah, dan sistem pendidikan yang kaku. Melihat permasalahan yang telah disebutkan, maka pendidikan humanis menjadi salah satu solusi alternatif dalam mengatasi problem tersebut. Wujud dari pembelajaran humanis dapat diterapkan salah satunya dengan model pembelajaran edutainment: humanizing the classroom yang dapat mewujudkan potensi yang dimiliki siswa tanpa tekanan, dan siswa dapat terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep model pembelajaran edutainment: humanizing the classroom di SD Unggulan „Aisyiyah Bantul dan mengetahui implementasi model pembelajaran edutainment: humanizing the classroom dalam meningkatkan interaksi edukatif di kelas V SD Unggulan „Aisyiyah Bantul. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan mengambil latar SD Unggulan „Aisyiyah Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru wali kelas V, dan siswa kelas V. Analisa data dilakukan dengan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta pemeriksaan keabsahan data yang dialkukan dengan mengadakan triangulasi, yaitu dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran guru mendesain pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan dengan memanfaatan media-media pembelajaran yang bervariasi, meja dan kursi yang disusun secara bervariasi, metode pembelajaran yang interaktif. Selain itu, guru juga memperlakukan siswa sesuai kondisinya masing-masing dengan tidak memberikan hukuman fisik, menciptakan suasana yang penuh keakraban, membangun motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran, serta mengetahui keberhasilan dalam belajar. Evaluasi yang guru lakukan adalah dengan penilaian yang mencakup tiga ranah, yaitu kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotorik (keterampilan). Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan ternyata model pembelajaran ini sangat menyenangkan dan sangat menyesuaikan kondisi fisik maupun psikologis siswa, sehingga dapat meningkatkakn interekasi edukatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Istiningsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Edutainment, Humanizing The Classroom, Interaksi Edukatif.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 15 Jul 2014 01:17
Last Modified: 04 Apr 2017 03:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13588

Actions (login required)

View Item View Item