PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA PADA SISWA KELAS V DI MIN YOGYAKARTA I

ROSWARI SETIAWATI , NIM. 10481011 (2014) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA PADA SISWA KELAS V DI MIN YOGYAKARTA I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA PADA SISWA KELAS V DI MIN YOGYAKARTA I )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text ( PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA PADA SISWA KELAS V DI MIN YOGYAKARTA I )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Roswari Setiawati, Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Jawa pada Siswa Kelas V di MIN Yogyakarta I. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kemerosotan moral dan karakter siswa dalam dunia pendidikan akibat lingkungan serta media masa yang menayangkan hal negatif. Upaya yang bisa dilakukan adalah perbaikan kualitas siswa melalui pendidikan karakter. Pendidikan tingkat sekolah dasar merupakan tempat yang sesuai bagi pertumbuhan karakter siswa. Bahasa Jawa di MIN Yogyakarta I merupakan salah satu mata pelajaran yang memuat pendidikan karakter di dalamnya. Mata pelajaran bahasa Jawa ini adalah muatan kearifan lokal daerah Provinsi D.I. Yogyakarta yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter dan budaya bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pendidikan karakter, nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Jawa, serta faktor pendukung dan penghambat proses pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Jawa pada siswa kelas V di MIN Yogyakarta I. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan deskriptif kualitatif yang berlokasi di MIN Yogyakarta I. Subyek penelitiannya guru, siswa, dan kepala madrasah. Pengumpulan data penelitian dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan telaah seluruh data, reduksi data, menyusun data ke dalam suatu kesatuan, kategorisasi, triangluasi data, dan penarikan kesimpulan melalui pola berpikir induktif. Pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi melalui tiga modus yaitu membandingkan data hasil pengamatan dan hasil wawancara, membandingkan keadaan persepketif seseorang dangan pendapat dan pandangan orang, dan membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang saling berkaitan. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Jawa pada siswa kelas V di MIN Yogyakarta I yaitu, guru sudah melaksanakan pendidikan karakter tersebut melalui tahap perencanaan, proses, hingga evaluasi pembelajaran. Namun setiap guru bahasa Jawa kelas VA dan VB memiliki cara masing-masing untuk menerapkan pendidikan karakter pembelajaran bahasa Jawa. Meskipun demikian, hasil penerapannya tidak jauh berbeda, karena nilai-nilai karakter yang ditanamkan sama. Nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Jawa tersebut antara lain: religius, jujurtoleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggungjawab, berani, percaya diri, dan berbahasa Jawa krama, sopan santun atau unggah-ungguh. Dalam pelaksanaan pendidikan karakter, terdapat faktor pendukung dan penghambatnya. Faktor pendukungnya antara lain faktor guru, sarana dan prasarana madrasah, siswa, dan keluarga. Faktor penghambat proses pelaksananaan pendidikan karakter antara lain faktor guru, siswa, dan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Sedya Santosa, S.S., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembelajaran Bahasa Jawa, Pendidikan Karakter
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 Jul 2014 08:40
Last Modified: 28 Feb 2017 11:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13591

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum