PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN SOFTWARE ISPRING SUITE 6.2 UNTUK SD/MI KELAS V MATERI ORGAN TUBUH MANUSIA DAN FUNGSINYA

RR. MADINATUL MUNAWWAROH, NIM. 10480028 (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN SOFTWARE ISPRING SUITE 6.2 UNTUK SD/MI KELAS V MATERI ORGAN TUBUH MANUSIA DAN FUNGSINYA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN SOFTWARE ISPRING SUITE 6.2 UNTUK SD/MI KELAS V MATERI ORGAN TUBUH MANUSIA DAN FUNGSINYA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN SOFTWARE ISPRING SUITE 6.2 UNTUK SD/MI KELAS V MATERI ORGAN TUBUH MANUSIA DAN FUNGSINYA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (881kB)

Abstract

Rr. Madinatul Munawwaroh, “Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia menggunakan software iSpring Suite 6.2 untuk SD/MI Kelas V Materi Organ Tubuh Manusia dan Fungsinya”. Skripsi. Yogyakarta : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran IPA kelas V materi organ tubuh manusia dan fungsinya, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran IPA kelas V materi organ tubuh manusia dan fungsinya, 3) mengetahui respon siswa kelas V terhadap media pembelajaran IPA materi organ tubuh manusia dan fungsinya, 4) mengetahui kelebihan dan kelemahan media pembelajaran IPA kelas V materi organ tubuh manusia dan fungsinya. Penelitian ini, merupakan penelitian dan pengembangan Reserch and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Namun pada penelitian ini prosedur pengembangan hanya sampai tahap ADD. Instrumen penilaian yang digunakan untuk melihat kelayakan media pembelajaran berbasis software iSpring suite 6.2 ini yaitu menggunakan lembar skala penilaian. Media pembelajaran dinilai oleh ahli materi, ahli media, 2 peer reviewer, dan 2 guru IPA SD/MI. Selain itu media pembelajaran ini direspon oleh 10 siswa MI Ma’arif Candran melalui uji coba terbatas. Data nilai kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk data kualitatif kemudian diubah menjadi data kuantitatif. Data kuantitatif dianalisis tiap aspek penilaian. Skor terakhir yang diperoleh, dikonversi menjadi tingkat kelayakan produk secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu berhasil disusun media pembelajaran berbasis software iSpring suite 6.2 pada materi organ tubuh manusia dan fungsinya. Hasil penilaian berdasarkan penilaian ahli media adalah Sangat Baik dengan skor 50. Berdasarkan penilaian ahli materi adalah Baik dengan skor 73. Berdasarkan penilaian peer reviewer adalah Baik dengan skor 133. Berdasarkan penilaian 2 guru IPA adalah Sangat Baik dengan skor 149,5 sehingga media pembelajaran ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil respon dari 10 siswa kelas V MI Ma’arif Candran adalah 100% siswa merespon Positif dengan skor rata-rata keseluruhan 20,7. Kelebihan media pembelajaran IPA berbasis software iSpring suite 6.2 yang telah dikembangkan adalah media pembelajaran ini dapat dijadikan media pembelajaran IPA yang menarik bagi siswa untuk belajar serta dapat menyisipkan kuis dengan adanya integrasi dengan iSpring QuizMaker. Kelamahannya adalah jika melakukan klik/menekan pada halaman kosong (bukan pada tombol hyperlink) maka otomatis akan berpindah ke halaman berikutnya sehingga dapat mengakibatkan perpindahan yang kurang sesuai alur yang diharapkan dan jika ukuran file PowerPoint terlalu besar, maka proses pengkonversian akan berhenti dengan sendirinya (file terlalu berat untuk dikonversi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Siti Fatonah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: R&D, Media Pembelajaran, software iSpring suite 6.2¸ organ tubuh manusia dan fungsinya
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 15 Jul 2014 01:42
Last Modified: 28 Feb 2017 06:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13592

Actions (login required)

View Item View Item