PERSEPSI MAHASISWA PGMI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TERHADAP NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL HABIBIE DAN AINUN KARYA BACHARUDDIN JUSUF HABIBIE

SHELLA SATYA PUTRI , NIM. 09480113 (2014) PERSEPSI MAHASISWA PGMI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TERHADAP NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL HABIBIE DAN AINUN KARYA BACHARUDDIN JUSUF HABIBIE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI MAHASISWA PGMI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TERHADAP NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL HABIBIE DAN AINUN KARYA BACHARUDDIN JUSUF HABIBIE)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI MAHASISWA PGMI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TERHADAP NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL HABIBIE DAN AINUN KARYA BACHARUDDIN JUSUF HABIBIE)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (551kB)

Abstract

Shella Satya Putri, “Persepsi Mahasiswa PGMI Terhadap Nilai Pendidikan Moral dalam Novel Habibie dan Ainun Karya Bacharuddin Jusuf Habibie”. Program Studi Pendidikan Guru Madradsah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014 Latar belakang penulisan skripsi ini adalah merebaknya isu-isu moral di kalangan remaja seperti penggunaan narkotika, tawuran pelajar, pornografi, perkosaan, dan lain-lain, yang menjadi masalah sosial yang sampai saat ini belum dapat diatasi secara tuntas dimana pelaku-pelaku beserta korbannya adalah kaum remaja, terutama para pelajar dan mahasiswa. Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai moral yang terdapat dalam novel Habibie dan Ainun Karya Bacharuddin Jusuf Habibie dan mengetahui persepsi mahasiswa PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terhadap nilai pendidikan moral dalam novel Habibie dan Ainun Karya Bacharuddin Jusuf Habibie. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja nilai pendidikan moral dalam novel Habibie dan Ainun Karya Bacharuddin Jusuf Habibie dan bagaimanakah persepsi mahasiswa PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terhadap novel Habibie dan Ainun Karya Bacharuddin Jusuf Habibie. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan penelitian studi pustaka (library research) yang bermaksud untuk memahami subyek penelitian misalnya perilaku dan persepsi serta mengambil objek novel Habibie dan Ainun Karya Bacharuddin Jusuf Habibie. Pendekatan yang digunakan adalah semiotik. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Pada penelitian ini, penulis akan mengungkapkan nilai pendidikan moral dalam novel Habibie dan Ainun Karya Bacharuddin Jusuf Habibie kemudian dipersepsikan oleh mahasiswa PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terhadap novel Habibie dan Ainun Karya Bacharuddin Jusuf Habibie. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat nilai pendidikan moral dalam novel Habibie dan Ainun Karya Bacharuddin Jusuf Habibie yang meliputi: 1. Moral terhadap Tuhan : Bersyukur, Berdoa, Menerima Takdir Allah SWT, Ibadah (Shalat), dan Berserah Diri/Tawakal. 2. Moral Individu : Optimis, Ikhlas, Usaha, Disiplin, Kerja Keras, Tanggung Jawab, dan Sabar. 3. Moral terhadap Keluarga : Kasih Sayang dan Menghargai. 4. Moral terhadap Masyarakat : Cinta Tanah Air dan Peduli Sosial. Terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa perempuan dan lakilaki terhadap nilai pendidikan moral dalam novel Habibie dan Ainun dari persepsi tersebut dapat diketahui adanya kesesuaian dan kualitas hubungan satu sama lain yang dapat diterapkan dan ditanamkan pada kehidupan sehari-hari mahasiswa PGMI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H Sedya Santosa, SS. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pendidikan Moral, Persepsi, Novel Habibie dan Ainun
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 15 Jul 2014 01:54
Last Modified: 01 Mar 2017 01:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13596

Actions (login required)

View Item View Item