TELAAH KURIKULUM INTEGRATIF DALAM BUKU AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL SLEMAN YOGYAKARTA

BRILIANNAKA RAWSHAN FIKRI, NIM. 10410138 (2014) TELAAH KURIKULUM INTEGRATIF DALAM BUKU AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TELAAH KURIKULUM INTEGRATIF DALAM BUKU AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TELAAH KURIKULUM INTEGRATIF DALAM BUKU AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)

Abstract

BRILIANNAKA RAWSHAN FIKRI. Telaah kurikulum integratif dalam buku al-Islam dan kemuhammadiyahan kelas tujuh SMP Muhammadiyah Boarding School Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah kemerosotan akhlak siswa SMP yang memprihatinkan. Pendidikan agama Islam adalah sebagai pondasi bagi siswa dalam berperilaku. Penerapan kurikulum integratif adalah salah satu cara dalam mengembangkan kurikulum di SMP MBS dengan memadukan materi di dalam buku al-Islam dan kemuhammadiyahan. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana konsep kurikulum yang integratif di dalam buku al-Islam dan kemuhammadiyahan kelas tujuh ditinjau dari materi, kemudian bagaimana proses pembelajaran dan penerapan kurikulum integratif di kelas dan bagaimana hasil yang dicapai oleh siswa kelas tujuh dari pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penerapan kurikulum integratif materi al-Islam dan kemuhammadiyahan kelas tujuh serta hasil yang dicapai dari penerapan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah Boarding School Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dengan mengadakan pengamatan langsung, wawancara dengan instansi terkait dan dokumentasi. Kemudian mereduksi data yang telah diperoleh untuk mempermudah mengambil kesimpulan, menyajikan data dengan memahami masalah yang ada, menganalisis makna dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kurikulum integratif diterapkan melalui pemberian materi yang saling berkaitan dalam buku al-Islam dan kemuhammadiyahan dengan menggunakan The Integrated Model (model integrasi), dalam penerapannya buku al-Islam dan Kemuhammadiyahan memadukan sejumlah topik dari mata pelajaran yang berbeda tapi esensinya sama. (2) Proses penerapan pembelajaran materi yang integratif dengan metode ceramah dan tanya jawab, resitasi dan demonstrasi, diskusi dan hafalan. Dalam pelaksanaan pembelajaran integratif tersebut menggunakan model pembelajaran terpadu dalam bentuk The Connected Model, The Integrated Model, The Immersed Model dan The Nested Model. (3) hasil yang ditunjukkan dalam proses pembelajaran materi yang terintegrasi adalah: 1) materi yang saling berkaitan dan mendukung dalam mata pelajaran yang berbeda memberikan pemahaman yang lebih terhadap siswa. 2) materi yang telah melekat pada siswa lebih mudah dipraktekkan dalam kehidupan berasrama. 3) adanya pembiasaan yang dilakukan oleh siswa antara lain shalat jamaah pada waktunya, shalat dhuha, puasa Senin Kamis serta pembiasaan sopan santun terhadap guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sukiman, S. Ag., M.Pd
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 Jul 2014 12:50
Last Modified: 02 Aug 2017 15:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13604

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum