KONSEP PENDIDIKAN ANTIKORUPSI UNTUK ANAK SD PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

ADITYO PUTRANTO , NIM. 08410179 (2014) KONSEP PENDIDIKAN ANTIKORUPSI UNTUK ANAK SD PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN ANTIKORUPSI UNTUK ANAK SD PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN ANTIKORUPSI UNTUK ANAK SD PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (616kB)

Abstract

ADITYO PUTRANTO. Konsep Pendidikan Antikorupsi Untuk Anak Sekolah Dasar Perspektif Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah menyadari atas belum efektifnya peran agama dalam membangun masyarakat bersih. Maka dari itu pendidikan Islam diharapkan dapat dipandang sebagai salah satu strategi paling efektif dalam menangani perilaku korupsi kini dan mendatang, terutama dalam penangkalan dan pencegahan. Pendidikan Islam perlu mengembangkan nilai antikorupsi. Sebab dalam sistem pendidikan Indonesia, belum dimuat materi mengenai permasalahan korupsi di Indonesia secara langsung dalam materi pendidikan Islam. Pendidikan Islam di sekolah dapat berperan dalam memberantas korupsi secara tidak langsung melalui pengaitan materi pembelajaran agama Islam secara kontekstual dengan pesan yang ingin disampaikan berkenaan dengan korupsi. Selain itu juga, media pembelajaran berupa buku-buku paket pembelajaran agama Islam, maupun modul pendidikan antikorupsi SD yang telah diterbitkan KPK, tidak ada yang terintegrasi langsung dengan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan objek material penelitian adalah kepustakaan dengan sumber primer penelitian yaitu modul Pendidikan Nilai-Nilai Antikorupsi Untuk Sekolah Dasar yang dirumuskan oleh KPK bekerjasama dengan Kemendikbud. Proses pengumpulan data dilakukan melalui metode dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan metode interpretasi serta pendekatan psikologi pendidikan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Konsep pendidikan antikorupsi untuk anak sekolah dasar adalah ide-ide antikorupsi yang dimasukkan dalam sistem pendidikan yang terdiri atas komponen-komponen terkait, terintegrasi, dan tidak dapat terpisahkan satu sama lain. Komponen-komponen tersebut adalah tujuan, materi, dan metode, (2) Konsep pendidikan antikorupsi untuk anak sekolah dasar perspektif pendidikan Islam adalah: (a) Tujuan Pendidikan Antikorupsi sebagai pembentukan insan kamil dan ulul albab, (b) Materi pendidikan antikorupsi adalah yang terintegrasi dalam materi pendidikan agama Islam di sekolah dasar yaitu materimateri yang maknanya mengajarkan sikap antikorupsi dalam kehidupan sehari-hari, materi tersebut terdiri dari al-Quran dan hadits, fikih, tauhid, akhlak, dan sejarah Islam, (c) Metode pendidikan antikorupsi dalam pendidikan agama Islam sangat terkait dengan pendekatan yang dilakukan. Pendekatan tersebut diantaranya, pendekatan kebiasaan, keteladanan, pengalaman, rasional, dan emosional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Usman, SS.,M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 15 Jul 2014 06:00
Last Modified: 02 Aug 2017 04:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13607

Actions (login required)

View Item View Item