EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MACROMEDIA DIRECTOR MX PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DI KELAS II MIN TEMPEL TAHUN AJARAN 2013/2014

ARMIYA NUR LAILATUL’ IZZAH , NIM. 10481028 (2014) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MACROMEDIA DIRECTOR MX PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DI KELAS II MIN TEMPEL TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MACROMEDIA DIRECTOR MX PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DI KELAS II MIN TEMPEL TAHUN AJARAN 2013/2014 )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text ( EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MACROMEDIA DIRECTOR MX PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DI KELAS II MIN TEMPEL TAHUN AJARAN 2013/2014 )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Armiya Nur Lailatul’ Izzah.“Efektivitas Penggunaan Macromedia Director MX Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian Kelas II MIN Tempel Tahun 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari R&D yang dilakukan oleh saudari Uliya Khoirun Nisa yang berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Director MX Dalam Pembelajaran Perkalian Kelas II di SD/MI. Selain itu penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode mengajar guru kelas II MIN Tempel yang masih konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) efektivitas macromedia director mx dalam pembelajaran matematika dari aspek kognitif materi perkalian kelas II MIN Tempel tahun 2013/2014, dan 2) implementasi macromedia director mx dalam pembelajaran matematika materi perkalian kelas II MIN Tempel tahun 2013/2014. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kombinasi, suatu metode penelitian yang mengkombinasikan atau menggabungkan antara metode kuantitatif dan metode kualitatif untuk digunakan secara bersama-sama dalam suatu kegiatan penelitian, sehingga diperoleh data yang lebih komprehensif, valid, reliabel dan obyektif. Analisis data kuantitatif dilakukan untuk menganalisis data tes awal dan tes evaluasi menggunakan uji paired t-test. Dalam penelitian ini hasil belajar dilihat pada aspek kognitif dari penggunaan macromedia director mx. Analisis data secara kualitatif dilakukan untuk data mengenai proses pembelajaran saat dilakukan eksperimen, proses pembelajaran, tanggapan guru dan siswa, guna memperkuat data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan macromedia director mx lebih efektif daripada pembelajaran konvensional ditinjau dari aspek kognitif yaitu nilai rata-rata pada kelas eksperimen lebih besar daripada nilai rata-rata pada kelas kontrol yaitu 94,38 dan 88,53 dan berdasarkan uji paired t-test menunjukkan nilai P=0,002. Karena nilai P<0,05 maka Ho ditolak, artinya ada perbedaan antara kedua kelas tersebut. Penggunaan macromedia director mx dalam pembelajaran matematika dapat membantu siswa untuk belajar mandiri. Dalam pembelajaran materi perkalian menggunakan macromedia director mx siswa dapat membaca dan mendengarkan penjelasan mengenai materi perkalian serta cara mengerjakan soal latihan yang ada pada media. Siswa tidak hanya dihadapkan dengan angka tetapi juga gambar-gambar yang membuat siswa lebih tertarik untuk belajar. Hal ini sesuai dengan manfaat penelitian yaitu untuk memberikan pengalaman belajar yang menarik untuk siswa agar sehingga dapat sesuai dengan tujuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Endang Sulistyawati
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: hasil belajar kognitif, media pembelajaran berbasis macromedia director MX, efektivitas penggunaan media, materi perkalian, penelitian kombinasi.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 15 Jul 2014 07:31
Last Modified: 31 Jan 2017 03:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13611

Actions (login required)

View Item View Item