BUDAYA HIDUP BERSIH BERBASIS KULTUR KELUARGA DAN PENGARUHNYA TERHADAP ANAK USIA MI (STUDI KASUS KELUARGA BAPAK RUDI DI DUSUN KARE, SUMBEREJO, SEMIN, GUNUNGKIDUL)

ATINA SA’ADAH , NIM. 09480009 (2014) BUDAYA HIDUP BERSIH BERBASIS KULTUR KELUARGA DAN PENGARUHNYA TERHADAP ANAK USIA MI (STUDI KASUS KELUARGA BAPAK RUDI DI DUSUN KARE, SUMBEREJO, SEMIN, GUNUNGKIDUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (BUDAYA HIDUP BERSIH BERBASIS KULTUR KELUARGA DAN PENGARUHNYA TERHADAP ANAK USIA MI (STUDI KASUS KELUARGA BAPAK RUDI DI DUSUN KARE, SUMBEREJO, SEMIN, GUNUNGKIDUL))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text (BUDAYA HIDUP BERSIH BERBASIS KULTUR KELUARGA DAN PENGARUHNYA TERHADAP ANAK USIA MI (STUDI KASUS KELUARGA BAPAK RUDI DI DUSUN KARE, SUMBEREJO, SEMIN, GUNUNGKIDUL))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (899kB)

Abstract

Atina Sa’adah, “Budaya Hidup Bersih Berbasis Kultur Keluarga dan Pengaruhnya Terhadap Anak Usia MI (Studi Kasus Keluarga Bapak Rudi di Dusun Kare, Sumberejo, Semin, Gunungkidul, D.I.Yogyakarta)”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Dalam hal ini mengenai kondisi obyek yang diteliti sebagaimana yang sering terjadi di pedesaan yaitu kebanyakan masyarakatnya kurang memiliki tradisi kebersihan lingkungan. Binatang ternak hidup serumah dengan pemiliknya, kotoran binatang menggunung, buang sampah di ladang kosong tapi belum ada sangsinya. Juga masih banyak keluarga yang belum menerapkan kebersihan lingkungan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Metode apa yang digunakan dalam pelaksanaan budaya hidup bersih berbasis kultur keluarga dan pengaruhnya terhadap anak usia MI dalam keluarga Rudi, (2) Bagaimana pelaksanaan budaya hidup bersih berbasis kultur keluarga dan pengaruhnya terhadap anak usia MI dalam keluarga Rudi, (3) Apa sarana prasarana yang menunjang budaya hidup bersih berbasis kultur keluarga dan pengaruhnya terhadap anak usia MI dalam keluarga Rudi. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Dengan subyek penelitian Rudi Fatullah sebagai kepala keluarga, Nurmawati sebagai Ibu, Anak-anak (Mega, Pipit, Fajrin, dan Dira), kerabat dekat (Ibu Nyami), tetangga dekat (Ibu Sulami). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan reduksi data, triangulasi, pengamatan sistematis, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Metode pelaksanaan budaya hidup bersih berbasis kultur keluarga adalah metode bercerita, metode pembiasaan, metode demonstrasi, dan metode bercakap-cakap (2) Pelaksanaan budaya hidup bersih berbasis kultur keluarga yaitu cuci tangan sebelum dan setelah makan juga setelah melakukan aktivitas di dalam atau pun luar rumah, membuang sampah di tempat sampah, merapikan tempat tidur, gosok gigi 2 x sehari, makan makanan bergizi, mandi 2 x sehari, buang air di kamar mandi, potong kuku seminggu sekali, berpakaian bersih dan rapi (3) Sarana penunjang budaya hidup bersih berbasis kultur keluarga dan pengaruhnya terhadap anak usia MI yaitu rumah, halaman rumah, sumber air bersih, tempat cuci tangan, kamar mandi dan jamban, pembuangan sampah, dan pembuangan air limbah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Siti Johariyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: budaya, hidup bersih, pembiasaan, keluarga.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 15 Jul 2014 07:35
Last Modified: 31 Jan 2017 03:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13613

Actions (login required)

View Item View Item