PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI HIDAYATUL ATHFAL NEGARAYU TONJONG BREBES

RIF’AT ASYKARI RAHMAN, NIM. 07480028 (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI HIDAYATUL ATHFAL NEGARAYU TONJONG BREBES. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI HIDAYATUL ATHFAL NEGARAYU TONJONG BREBES)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI HIDAYATUL ATHFAL NEGARAYU TONJONG BREBES)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

RIF’AT ASYKARI RAHMAN, “Penerapan Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di MI Hidayatul Athfal Negarayu Tonjong Brebes. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran Tutor Sebaya pada pembelajaran Matematika di MI Hidayatul Athfal Negarayu. 2) Mengetahui seberapa tinggi peningkatan prestasi belajar siswa setelah dilaksanakannya penerapan strategi pembelajaran tutor sebaya di MI Hidayatul Athfal Negarayu. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: prestasi belajar siswa yang diambil dari pemberian soal pada akhir siklus, aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, hasil wawancara dengan guru dan siswa dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan prestasi belajar matematika siswa yaitu meningkatnya prestasi siswa diatas KKM 60 yang mencapai 76,93% dari jumlah siswa kelas V MI Hidayatul Athfal Negarayu. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I persentase hasil belajar sebesar 46,15% kategori masih kurang dan pada siklus II 76,93% kategori baik. Hasil prestasi belajar siswa pada siklus II rata-rata kelas 7,04.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Endang Sulistyowati, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Matematika SD/MI, Tutor Sebaya, Prestasi.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 16 Jul 2014 01:14
Last Modified: 04 Apr 2017 03:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13614

Actions (login required)

View Item View Item