PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS (OUTDOOR STUDY) TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS 5 DI SDIT ABU JA’FAR MUNGGUR KARANGANYAR

FETI STYANINGSIH , NIM.10480006 (2014) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS (OUTDOOR STUDY) TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS 5 DI SDIT ABU JA’FAR MUNGGUR KARANGANYAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS (OUTDOOR STUDY) TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS 5 DI SDIT ABU JA’FAR MUNGGUR KARANGANYAR)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (29MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS (OUTDOOR STUDY) TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS 5 DI SDIT ABU JA’FAR MUNGGUR KARANGANYAR)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (226kB)

Abstract

Feti Styaningsih, “Pengaruh Pembelajaran di Luar Kelas (Outdoor Study) Terhadap Prestasi dan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sains Kelas 5 di SDITAbu Ja’far Munggur Karanganyar”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran di luar kelas (outdoor study) terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sains kelas 5 di SDIT Abu Ja’far Munggur Karanganyar, (2) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran di luar kelas (outdoor study) terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sains kelas 5 di SDIT Abu Ja’far Munggur Karanganyar. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas 5 SDIT Abu Ja’farMunggur Karanganyar berjumlah 49 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 5B sebagai kelas eksperimen dan kelas 5A sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah dengan cara Cluster Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi dan soal tes. Soal tes terdiri dari dua paket karena tiap pertemuan membahas materi yang berbeda yaitu materi gaya gravitasi dan materi kegiatan manusi yang mengubah permukaan bumi. Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran di luar kelas (outdoor study) terhadap prestasi dan motivasi belajar digunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Metode pembelajaran di luar kelas (outdoor study) berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sains kelas 5 SDIT Abu Ja’far Munggur Karanganyar dengan nilai t sebesar 2,570 dan signifikansi sebesar 0,013, serta sumbangan pengaruh metode pembelajaran di luar kelas (outdoor study) terhadap prestasi belajar adalah 12,3%. Kelompok kelas yang diberikan pembelajaran di luar kelas (outdoor study), memiliki nilai postes yang lebih tinggi dibanding dengan kelompok kelas yang diberikan pembelajaran di dalam kelas dengan nilai rata-rata 89,95 dan 84,54. (2) Metode pembelajaran di luar kelas (outdoor study) berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sains kelas 5 SDIT Abu Ja’far Munggur Karanganyar dengan nilai t sebesar 2,668 dan signifikansi 0,010, serta sumbangan pengaruh metode pembelajaran di luar kelas (outdoor study) terhadap motivasi belajar adalah 14,6%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Siti Fatonah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran di Luar Kelas (Outdoor Study), Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 16 Jul 2014 01:27
Last Modified: 01 Feb 2017 07:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13619

Actions (login required)

View Item View Item