PENGEMBANGAN MEDIA ADOBE FLASH CS3 DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS IV UNTUK SISWA SD/MI

M. IQBAL ALI FAUZI , NIM. 10481002 (2014) PENGEMBANGAN MEDIA ADOBE FLASH CS3 DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS IV UNTUK SISWA SD/MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA ADOBE FLASH CS3 DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS IV UNTUK SISWA SD/MI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA ADOBE FLASH CS3 DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS IV UNTUK SISWA SD/MI)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media adobe flash CS3 dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang untuk peserta didik SD/MI kelas IV dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian 2 guru dan respon 10 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Prosedur penyusunan media pembelajaran berbasis adobe flash CS3 terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysys, Design, Development and Production, Validasi Desain dan Uji Coba Produk. Instrumen penilaian yang digunakan untuk menilai kelayakan media pembelajaran berbasis adobe flash CS3 ini adalah lembar angket. Media pembelajaran ini direspon oleh 2 orang guru dan 10 peserta didik kelas IV MIN Patuk Gunungkidul melalui uji coba kelompok kecil. Data nilai kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk data kualitatif kemudian diolah menjadi data kuantitatif. Data kuantitatif dianalisis untuk tiap aspek skor penilaian. Skor terakhir yang diperoleh, dikonversi menjadi tingkat kelayakan produk secara kualitatif dengan pedoman menurut kriteria kategori penilaian ideal. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berbasis adobe flash CS3 untuk SD/MI kelas IV materi Bangun Ruang. Hasil penilaian berdasarkan penilaian ahli materi adalah Baik (B) dengan skor 54 dan persentase keidealan 72%. Berdasarkan penilaian ahli media adalah Baik (B) dengan skor 38 dan persentase keidealan 86,4%. Berdasarkan penilaian peer reviewer adalah Baik (B) dengan skor 93 dan persentase keidealan 77,5%. Berdasarkan penilaian 2 guru adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 108 dan persentase keidealan 90%. Sedangkan berdasarkan respon 10 peserta didik MIN Patuk Gunungkidul adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 8,6 dan persentase keidealan 86%. Dengan demikian media adobe flash CS3 dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang kelas IV untuk siswa SD/MI layak digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Endang Sulistyowati, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Adobe Flash CS3, Materi Bangun Ruang
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 Jul 2014 08:30
Last Modified: 21 Feb 2017 10:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13620

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum