KORELASI PEMBERIAN REWARD TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MIN KEBONAGUNG

JUARI , NIM. 10481001 (2014) KORELASI PEMBERIAN REWARD TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MIN KEBONAGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( KORELASI PEMBERIAN REWARD TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MIN KEBONAGUNG )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text ( KORELASI PEMBERIAN REWARD TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MIN KEBONAGUNG )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (675kB)

Abstract

Juari, Korelasi Pemberian Reward Terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas V di MIN Kebonagung. Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Guru Madrsah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2014 Guru harus memperhaikan minat belajar siswa, jika minat belajar siswa menurun guru bisa memberikan reward. Reward adalah alat untuk mendidik anak-anak supaya anak bisa merasa senang karena pekerjaannya mendapat penghargaan. Dengan diberikannya reward siswa akan lebih termotivasi untuk lebih giat belajar. Penyebab menurunnya minat belajar matematika kelas V MIN Kebonagung diantaranya siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika dikarenakan siswa belum mampu menguasai materi pelajaran dikelas sebelumnya yaitu tentang pembagian (Porogapit) selain itu siwa kelas V masih kesulitan tentang perkalian. Untuk itu guru bisa memberikan reward dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Persepsi siswa terhadap pemberian reward di MIN Kebonagung, 2) seberapa besar minat belajar di MIN kebonagung, 3) korelasi antara pemberian reward terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika di MIN Kebonagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa metode yaitu angket (kuesioner), wawancara, dokumentasi, dan observasi. Setelah memperoleh data, peneliti melakukan pengujian instrument melalui uji validitas, uji reliabilitas, dan normalitas. Selanjutnya melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pemberian reward di MIN Kebonagung adalah baik (63,63 %) selain itu minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas V di MIN Kebonagung adalah sangat baik (36,36%). Hasil penelitian menyatakan bahwa ada korelasi yang positif dan signifikan antara pemberian rewrd dengan minat belajar siswa kelas V di MIN Kebonagung. Pemberian reward dapat mempengarui minat belajar siswa dengan skor Pearson Correlation sebesar -0,637, dan sign. (2-tailed) sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Luluk Maulu’ah, M. Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Reward, Minat Belajar, Matematika
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 16 Jul 2014 01:39
Last Modified: 17 Feb 2017 02:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13623

Actions (login required)

View Item View Item