PERAN GURU DALAM MELATIH KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS I, II DAN III DI MIN JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA

NASHIHATUR RAHMAH , NIM. 10480013 (2014) PERAN GURU DALAM MELATIH KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS I, II DAN III DI MIN JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU DALAM MELATIH KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS I, II DAN III DI MIN JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU DALAM MELATIH KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS I, II DAN III DI MIN JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)

Abstract

Nashihatur Rahmah. Peran Guru dalam Melatih Kecerdasan Emosional Siswa Kelas I, II dan III di MIN Jejeran Bantul Yogyakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kecenderungan terjadinya peningkatan anak yang mengalami gangguan emosi seiring berkembangnya zaman. Menurunnya kecerdasan emosional hendaknya menjadi perhatian, khususnya dalam dunia pendidikan. Madrasah sebagai wahana pendidikan formal dan peran guru sebagai pendidik dirasa sangat strategis untuk melatih dan membina kecerdasan emosional anak. MIN Jejeran Bantul Yogyakarta sebagai lembaga pendidikan telah menyisipkan kecerdasan emosional dalam kegiatan pembelajaran khususnya di kelas I, II dan III. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perkembangan kecerdasan emosional siswa kelas rendah di MIN Jejeran Bantul Yogyakarta. (2) Mengetahui peran guru dalam melatih kecerdasan emosional siswa kelas rendah di MIN Jejeran Bantul Yogyakarta. (3) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam melatih kecerdasan emosional siswa kelas rendah di MIN Jejeran Bantul Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya wawasan baik secara teoritik maupun acuan praktik tentang peran guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MIN Jejeran Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan tiga macam triangulasi, yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perkembangan kecerdasan emosional siswa sudah baik, yang terdiri dari 5 aspek yaitu kesadaran diri, mengelola emosi, memanfaatkan emosi secara produktif, empati, dan membina hubungan (2) peran guru dalam melatih kecerdasan emosional yang terdiri dari 5 aspek (kesadaran diri, mengelola emosi, memanfaatkan emosi secara produktif, empati, dan membina hubungan) yaitu dengan penanaman nilai positif, melalui dongeng, melalui nasehat, dan pemberian reward. (3) faktor pendukung yaitu komunikasi, fasilitas yang memadai, dan lingkungan belajar. Faktor penghambat yaitu ketidakdisiplinan siswa, perilaku asosial (merasa jagoan, saling mengejek, perkelahian, bertutur kata yang kurang sopan), dan orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Maemonah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kecerdasan Emosi, Peran Guru.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 Jul 2014 09:27
Last Modified: 27 Feb 2017 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13634

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum