EPISTEMOLOGI KEILMUAN ISLAM DAN UMUM: KONSEP INTEGRASI-INTERKONEKSI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN DI JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

NURMAWATI RESTIANINGSIH , NIM. 10410114 (2014) EPISTEMOLOGI KEILMUAN ISLAM DAN UMUM: KONSEP INTEGRASI-INTERKONEKSI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN DI JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EPISTEMOLOGI KEILMUAN ISLAM DAN UMUM: KONSEP INTEGRASI-INTERKONEKSI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN DI JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SU)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EPISTEMOLOGI KEILMUAN ISLAM DAN UMUM: KONSEP INTEGRASI-INTERKONEKSI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN DI JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SU)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Nurmawati Restianingsih. Epistemologi Keilmuan Islam dan Umum: Konsep Integrasi-interkoneksi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Implementasinya dalam Pembelajaran di Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah UIN Sunan Kalijaga sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi Islam, menawarkan pengembangan keilmuan dan kurikulum dengan menggunakan pendekatan integrasi-interkoneksi ilmu yaitu pendekatan yang menempatkan berbagai disiplin ilmu (Islamic-Studies, Natural Studies, Sosial Studies dan Humaniora) saling menyapa satu dengan lainnya sehingga menjadi satu bangunan yang utuh. Pendekatan integrasi-interkoneksi ini berusaha menghubungkan antara ilmu agama dan ilmu sosial, ilmu humaniora dan ilmu kealaman dalam satu pola bersama sebagai satu kesatuan yang saling terkait. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis. Objek material penelitian ini adalah konsep integrasiinterkoneksi keilmuan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sedangkan objek formalnya adalah epistemologi. Subjek penelitian yang memberikan informasi tentang implementasi dalam pembelajaran adalah dosen dan mahasiswa di Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan kalijaga Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian: (1) Sentral keilmuan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta adalah Al-Qur’an dan al-Sunnah yang dikembangkan melalui proses ijtihad dengan menggunakan berbagai pendekatan dan metode. Hal ini kemudian memberi inspirasi bagi munculnya ilmu-ilmu yang ada pada lapisan berikutnya, yaitu lapisan ilmu-ilmu keislaman klasik, dan kemudian pada abad berikutnya muncul ilmu-ilmu kealaman, sosial dan humaniora, dan berujung munculnya ilmu-ilmu dan isu-isu kontemporer pada lapisan berikutnya.(2) Dalam pelaksanaan perkuliahan untuk membangkitkan motivasi mahasiswa dosen menggunakan metode apersepsi, ilustrasi, kasus, dan pretest. Peran dosen dalam melaksanakan perkuliahan lebih banyak memainkan peran sebagai ahli, instruktur, dan fasilitator. Peran mahasiswa selalu melibatkan diri secara aktif dalam proses pembelajaran, meskipun dalam pembelajaran masih banyak mahasiswa yang pasif. Awal perkuliahan dosen membangun kontrak belajar dan sosialisasi tentang kebijakan dosen. Dalam penggunaan strategi terdapat tiga pendekatan, yaitu: pendekatan ceramah, interaktif, dan fasilitatif. Matakuliah pendukung integrasi interkoneksi ini ada atas dasar bahwa suatu ilmu itu tidak bisa berdiri sendirisendiri dan terpisah dari yang lain. Dalam proses pembelajarannya matakuliah pendukung integrasi-interkoneksi tersebut disesuaikan dengan materi yang sedang dipelajari. Ranah integrasi-interkoneksi dalam pembelajaran yang dilakukan dosen secara menyeluruh terdapat empat ranah, yaitu ranah filosofis, materi, metodologi, dan strategi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr, Usman,SS, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 Jul 2014 09:33
Last Modified: 16 Jul 2014 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13636

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum