ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER II MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MIN JEJERAN BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014

YETI MAULANA OCTAVIA , NIM. 10480012 (2014) ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER II MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MIN JEJERAN BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER II MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MIN JEJERAN BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014 )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text ( ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER II MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MIN JEJERAN BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014 )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Yeti Maulana Octavia, “Analisis Kualitas Butir Soal Ulangan Tengah Semester II Mata Pelajaran Matematika Kelas IV MIN Jejeran Tahun Ajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal pilihan ganda yang digunakan dalam kegiatan ulangan tengah semester II mata pelajaran matematika kelas IV MIN Jejeran tahun ajaran 2013/2014 secara kuantitatif dan kualitatif; dan untuk mengetahui kualitas butir soal bentuk completion (melengkapi) dan uraian yang digunakan dalam kegiatan ulangan tengah semester II mata pelajaran matematika kelas IV MIN Jejeran tahun ajaran 2013/2014 secara kualitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelas IV yang mengerjakan butir soal ulangan tengah semester II mata pelajaran matematika MIN Jejeran tahun ajaran 2013/2014. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data meliputi analisis secara kuantitatif dilihat dari aspek validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan kualitas pengecoh; dan analisis secara kualitatif dilihat dari aspek materi, konstruksi dan bahasa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kualitas butir soal pilihan ganda secara analisis kuantitatif, dilihat dari aspek validitas butir soal sebanyak 10 butir soal (50%) dinyatakan memiliki validitas “cukup”, sebanyak 7 butir soal (35%) dinyatakan memiliki validitas “rendah”, dan sebanyak 3 butir soal (15%) dinyatakan memiliki validitas “sangat rendah”; dilihat dari aspek reliabilitasnya, keseluruhan butir soal pilihan ganda memiliki nilai koefisien reliabilitas sebesar 0,77 sehingga dinyatakan reliable; dan dilihat dari rangkuman tiga karakteristik statistik butir soal yang meliputi tingkat kesukaran, daya pembeda dan kualitas fungsi pengecoh, sebanyak 6 butir soal (30%) dinyatakan berkualitas “baik”, sebanyak 13 butir soal (65%) dinyatakan berkualitas “cukup baik”, dan sebanyak 1 butir soal (5%) dinyatakan berkualitas “tidak baik”. Sedangkan kualitas butir soal pilihan ganda secara analisis kualitatif, sebanyak 8 butir soal (40%) dinyatakan berkualitas “baik” dan sebanyak 12 butir soal (60%) dinyatakan berkualitas “kurang baik”. 2) Kualitas butir soal completion (melengkapi) secara analisis kualitatif, sebanyak 10 butir soal (100%) dinyatakan berkualitas “baik”. Adapun kualitas butir soal uraian secara analisis kualitatif, sebanyak 3 butir soal (60%) dinyatakan berkualitas “kurang baik” dan 2 butir soal (40%) dinyatakan berkualitas “tidak baik”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Endang Sulistyowati, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: analisis butir soal, analisis kualitatif, analisis kuantitatif.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 16 Jul 2014 02:48
Last Modified: 28 Feb 2017 02:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13642

Actions (login required)

View Item View Item