KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT THOMAS LICKONA DALAM BUKU EDUCATING FOR CHARACTER: HOW OUR SCHOOLS CAN TEACH RESPECT AND RESPONSIBILITY DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

NURAINI FARIDA, NIM.10410124 (2014) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT THOMAS LICKONA DALAM BUKU EDUCATING FOR CHARACTER: HOW OUR SCHOOLS CAN TEACH RESPECT AND RESPONSIBILITY DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT THOMAS LICKONA DALAM BUKU EDUCATING FOR CHARACTER: HOW OUR SCHOOLS CAN TEACH RESPECT AND RESPONSIBILITY DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT THOMAS LICKONA DALAM BUKU EDUCATING FOR CHARACTER: HOW OUR SCHOOLS CAN TEACH RESPECT AND RESPONSIBILITY DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)

Abstract

Nur Aini Farida. Konsep Pendidikan Karakter menurut Thomas Lickona dalam Buku Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan pada umumnya mempunyai dua tujuan utama, yaitu membantu peserta didik menjadi cerdas dan baik. Pendidikan yang ada di Indonesia, saat ini belum bisa menyelesaikan persoalan karakter bangsa yang semakin mengalami penurunan. Dalam pengembangan karakter bisa dilakukan dengan cara menerapkan teori yang dikembangkan oleh tokoh-tokoh pendidikan karakter, salah satunya adalah Thomas Lickona. Thomas Lickona merumuskan pendidikan karakter yang melibatkan seluruh aspek dalam pendidikan, baik keluarga, sekolah maupun masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan konsep pendidikan karakter menurut Thomas Lickona dalam buku Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility; (2) mendeskripsikan relevansi pemikiran Thomas Lickona tentang pendidikan karakter dalam buku Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility dengan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yang menekankan pada kajian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis-faktual untuk memahami pemikiran seorang tokoh. Pengumpulan data dilakukan dengan metode studi pustaka dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis), dengan langkah-langkah yang digunakan dalam menganalisi data, yaitu reduksi data, display data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pemikiran pendidikan karakter menurut Thomas Lickona merupakan usaha yang melibatkan tiga aspek kecerdasan yaitu kognitif melalui moral knowing, afektif melalui moral feeling, dan psikomotorik melalui moral acting. Pendidikan karakter dalam kaitannya dengan Pendidikan Agama Islam mempunyai relevansi dalam beberapa hal, yaitu: guru sebagai subyek pendidikan karakter; peserta didik sebagai subyek yang dibiasakan dalam pendidikan karakter; kurikulum sebagai fondasi dasar pendidikan karakter; metode sebagai praktik pendidikan karakter dan evaluasi sebagai proses yang tidak pernah berhenti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muqowim, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pendidikan, karakter, Thomas Lickona
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 Jul 2014 10:12
Last Modified: 02 Dec 2015 11:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13646

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum