UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS KETERAMPILAN MELIPAT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA ANAK KELOMPOK B DI RA MUSLIMAT NU SALAM 3 SALAM MAGELANG TAHUN AJARAN 2013 / 2014

DWI PUJI SUSILOWATI , NIM. 12485129 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS KETERAMPILAN MELIPAT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA ANAK KELOMPOK B DI RA MUSLIMAT NU SALAM 3 SALAM MAGELANG TAHUN AJARAN 2013 / 2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS KETERAMPILAN MELIPAT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA ANAK KELOMPOK B DI RA MUSLIMAT NU SALAM 3 SALAM MAGELANG TAHUN AJARAN 2013 / 2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS KETERAMPILAN MELIPAT MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA ANAK KELOMPOK B DI RA MUSLIMAT NU SALAM 3 SALAM MAGELANG TAHUN AJARAN 2013 / 2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (451kB)

Abstract

Dwi Puji Susilowati, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Keterampilan Melipat Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok B di RA Muslimat NU Salam 3, Salam, Magelang Tahun Ajaran 2013 / 2014” Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Dalam pembelajaran keterampilan melipat merupakan salah satu pengembangan dasar di TK / RA untuk meningkatkan kemampuan motorik halus. Kegiatan motorik halus meliputi penggunaan jari – jari tangan. Perkembangan motorik halus merupakan perubahan kemampuan gerak dari bayi hingga dewasa hingga melibatkan berbagai aspek perilaku dan kemampuan gerak. Seringnya anak melakukan kegiatan motorik halus dan dengan didukungnya media kreatif atau alat pembelajaran yang digunakan akan lebih mengembangkan imajinasi dan kreatifitas. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil judul ini adalah karena menghadapi masalah tentang pembelajaran motorik halus pada anak di RA Muslimat NU Salam 3, Salam. Sedangkan kelompok B adalah anak yang dipersiapkan untuk melanjutkan kejenjang pendidikan berikutnya yaitu kelas 1, maka anak harus mempunyai keterampilan motorik halus, karena kemampuan motorik halus adalah dasar yang harus dimiliki dalam proses pembelajaran, kemampuan motorik halus akan semakin berkembang jika guru memberikan fasiilitas, perhatian dan dorongan kepada anak. Sementara di RA Muslimat NU Salam 3, Salam anak kurang tertarik dengan kegiatan pembelajaran terutama dalam materi tentang motorik halus. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan keterampilan melipat dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak setelah metode tersebut diterapkan. Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan : keterampilan melipat efektif digunakan pada peningkatan kemampuan motorik halus kelompok B di RA Muslimat NU Salam 3, Salam, hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan motivasi dan keaktifan siswa terlihat pada rasa senang, perhatian, ketertarikan, rasa ingin tahu, mendengarkan pendapat orang lain, antusias dalam mengerjakan tugas, kemauan bertanya dan mengemukakan pendapat. Pada aspek motivasi siswa siklus I 65%, dan pada siklus II 85%. Jadi secara keseluruhan peningkatan kemampuan motorik halus mengalami peningkatan 40% dan peningkatan tersebut terjadi secara bertahap dari kategori sedang dan akhirnya menjadi tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Rofik, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : KemampuanMotorikHalus,
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 18 Jul 2014 01:32
Last Modified: 31 Jan 2017 07:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13654

Actions (login required)

View Item View Item