STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV MI MA`ARIF KENALAN BOROBUDUR MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SUMARTIJAH , NIM. 12485216 (2014) STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV MI MA`ARIF KENALAN BOROBUDUR MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV MI MA`ARIF KENALAN BOROBUDUR MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV MI MA`ARIF KENALAN BOROBUDUR MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III .pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (996kB)

Abstract

Sumartijah, “ Strategi Pembelajaran Index card match untuk meningkatka Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Lingkungan pada Siswa Kelas IV MI Ma`Arif Kenalan Kec. Borobudur, Kab. Magelang Tahun 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2014. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rata-ratnya belum mencapai KKM yang ditentukan di sekolah yaitu 6,00 untuk mata pelajaran IPA selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk Mengetahui Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Lingkungan pada Siswa Kelas IV MI Ma`arif Kenalan Borobudur Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Index Card Match. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dilaksanakan di MI Ma`arif Kenalan Borobudur Magelang pada bulan Februari sampai April 2014, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 12 anak, teknik pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, dokumentas, dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan cara membandingkan antara pra tindakan, sikus I, dan siklus II. Indikator penelitian ini adalah peserta didik mempunyai minat belajar yang tinggi sehingga hasil belajarnya baik dalam pelajaran IPA. Penelitian tindakan kelas ini dirancang dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi Pembelajaran Index Card Match Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Lingkungan pada Siswa Kelas IV MI Ma`arif Kenalan Borobudur Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. (1) penggunaan Strategi Pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran IPA khususnya materi perubahan lingkungan dilakukan dengan memasangkan dua buah kartu yang yang terdiri dari kartu soal dan jawaban. Dengan strategi ini siswa dilibatkan secara langsung agar materi yang diterima lebih berkesan. Dimana guru mengacak kartu yang terdiri dari kartu soal dan jawaban kemudian dibagikan kepada siswa dalam kelompok kemudian selanjutnya siswa mencari pasangan antara soal dan jawaban daam kartu tersebut dan mempersentasikan dihadapan kawan-kawan. (2) hal ini terbukti dengan meningkatnya nilai pelajaran IPA dimana sebelum siklus I nilai rata-ratnya 52,00. Kemudian disiklus I rata-ratnya 71,67 dan pada sikus II niai rata-ratnya 83,25. Dari hasil perbandingan dan nilai rata-rata siklus I dan siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan Starategi Pembelajaran Index Card Match yaitu sebesar 31,25% yaitu dari nilai pre-test 52,00 dan nilai siklus II 83,25.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs.Nur Munajat, M. Si.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 18 Jul 2014 01:47
Last Modified: 01 Mar 2017 03:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13662

Actions (login required)

View Item View Item