PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MIN TEMPEL SLEMAN

UMTI FATONAH , NIM. 10480031 (2014) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MIN TEMPEL SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MIN TEMPEL SLEMAN )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text ( PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MIN TEMPEL SLEMAN )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (373kB)

Abstract

Umti Fatonah, “Pemanfaatan Perpustakaan sebagai Sumber Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana proses pembelajaran dengan memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I II MI N Tempel , (2) Faktor penghambat dan pendukung dalam k pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I II MI N Tempel . Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar pada siswa kelas III MIN Tempel dan mengetahui faktor penghambat serta pendukung dalam pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualiatif deskriptif yang menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: proses pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar siswa yang diambil dari lembar observasi dan dokumentasi, serta faktor penghambat dan pendukung yang diambil berdasarkan hasil wawancara dan observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar siswa belum maksimal. Pemanfaatan perpustakaan baru sebatas memanfaatkan untuk pencapaian aspek membaca dan mendengarkan. Faktor penghambat dalam pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III MIN Tempel antara lain koleksi perpustakaan yang kurang dan krangnya minat siswa. Sedangkan faktor pendukung pemanfaatan perpustakaan di antaranya adanya tata tertib, pelayanan, motivasi guru dan gedung beserta fasilitasnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Moh. Agung Rokhimawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pemanfaatan perpustakaan, sumber belajar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 18 Jul 2014 02:07
Last Modified: 28 Feb 2017 04:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13667

Actions (login required)

View Item View Item