IMPLEMENTASI PENDEKATAN RME ( REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION ) DENGAN PELATIHAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM SOAL APLIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs HIDAYATULLAH NGAGLIK

M . LUTFI SARIF , NIM. 07600047 (2014) IMPLEMENTASI PENDEKATAN RME ( REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION ) DENGAN PELATIHAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM SOAL APLIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs HIDAYATULLAH NGAGLIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( IMPLEMENTASI PENDEKATAN RME ( REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION ) DENGAN PELATIHAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM SOAL APLIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs HIDAYATULLAH NGAGLIK)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text ( IMPLEMENTASI PENDEKATAN RME ( REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION ) DENGAN PELATIHAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM SOAL APLIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs HIDAYATULLAH NGAGLIK)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) dengan Pelatihan Metakognitif terhadap kemampuan siswa dalam proses memecahkan masalah siswa MTs kelas VIII. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII MTs Hidayatullah tahun ajaran 2013/2014 semester genap pada pokok bahasan bangun ruang materi kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain dari Kemmis dan Mc Taggart. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas, yaitu pendekatan RME, pelatihan metakognitif, sedangkan variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII (sebanyak 35 siswa). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara,observasi, pre-test, pos-test,dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data secara deskriptif kualitatif dan didukung dengan analisis data secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis dalam soal aplikasi matematika meningkat dari Posttest siklus satu ke siklus selanjutnya. Secara kuantitif peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa terlihat dari peningkatan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada Siklus 1 ke Siklus 2. Pada Siklus 1 yaitu sebesar 56,54 ke Siklus 2 yaitu sebesar 70,12. Setelah dilakukan pembelajaran matematika dengan pendekatan RME dengan pelatihan metakognitif persentase ketuntasan belajar diperoleh hasil 77,14% dari populasi kelas telah mencapai KKM 65. Peningkatan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa tersebut dapat dijelaskan berdasarkan hasil observasi dan wawancara selama penelitian sebagai berikut: (1) Bervariasinya metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman materi pembelajaran kepada siswa; (2) Perhatian siswa terhadap penjelasan guru lebih meningkat; (3) Kesempatan siswa dalam pemecahan masalah lebih bervariasi karena orientasi pembelajaran matematika pada siswa tidak sekedar ditunjukkan untuk menghasilkan soal-soal dengan penyelesaian rutin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ibu Suparni, M.Pd., dan Bapak Dr Ibrahim,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: RME (Realistic Mathematics Education), Pelatihan Metakognitif, Pemecahan Masalah
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Jul 2014 08:55
Last Modified: 27 Jan 2016 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13678

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum