EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 5 BANGUNTAPAN

NOFA ALI ASHAR , NIM. 08600041 (2014) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 5 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 5 BANGUNTAPAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 5 BANGUNTAPAN)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (979kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan pendekatan CTL terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian dilakukan di kelas VIII SMP N 5 Banguntapan Bantul pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 pada pokok bahasan bangun Limas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel penelitian terdiri atas dua variabel, yaitu variabel bebas berupa metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan pendekatan CTL serta variabel terikat berupa hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini ada 4 kelas yaitu kelas VIII-A, VIII-B, VIII-C, dan VIII-D yang berjumlah 101 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C dan VIII-D yang berjumlah 51 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling, diperoleh kelas VIIIC sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil statistik deskriptif dengan ratarata nilai pretest kelas eksperimen sebesar 55,28 dan kelas kontrol sebesar 50,56. Adapun rata-rata nilai postest kelas eksperimen sebesar 76,64 dan kelas kontrol sebesar 66,48. Pengujian hipotesis nilai posttest dengan uji T sebesar 0,012 < 0,05 (artinya nilai rata-rata posttest kedua kelas cenderung berbeda). Serta skor N-gain (peningkatan) rata-rata kelas eksperimen sebesar 0,450 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,106, dan uji mann-whitney skor N-gain nilai sig 0,019 < 0,05 maka artinya nilai peningkatan N-gain dari kelas eksperimen dan kelas kontrol cenderung berbeda. Berdasarkan pemaparan nilai pretest, posttest, uji T dan Ngain; rata-rata nilai kelas eksperimen cenderung lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan pendekatan CTL lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran yang menerapkan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan limas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Mulin Nu'man, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Efektivitas, TGT, CTL, pretest, posttest, Uji T, N-gain, hasil belajar.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 22 Jul 2014 02:05
Last Modified: 27 Jan 2016 03:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13681

Actions (login required)

View Item View Item