EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

RIZKA MARATUSH SHOLIHAH , NIM. 08670032 (2014) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (304kB)

Abstract

Kimia merupakan suatu pengetahuan atau ilmu yang didasarkan pada percobaan dan pengalaman. Ilmu kimia didasarkan pada dua hal yaitu kimia sebagai produk dan kimia sebagai proses. Pembelajaran kimia di SMA harus menitik beratkan pada pemberian pengalaman kepada peserta didik, salah satunya adalah kegiatan praktikum. Sarana dan prasarana yang baik seharusnya dapat dimanfaatkan dengan maksimal dalam menunjang proses pembelajaran kimia di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran kimia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara, skala sikap, dan studi document untuk pegumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah SMA Negeri se-kota Yogyakarta. Sampel yang digunakan adalah lima SMA Negeri di kota Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan laboratorium kimia di SMA Negeri se-kota Yogyakarta dimanfaatkan secara efektif dalam pembelajaran kimia. Laboratorium digunakan dengan baik pada pembelajaran kimia dengan frekuensi pemanfaatan laboratorium 66,67%. Peserta didik di SMA Negeri di kota Yogyakarta sangat antusias terhadap pemanfaatan laboratorium untuk proses pembelajaran dengan ratarata sikap peserta didik terhadap pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran kimia 115,588 pada kategori baik. Laboratorium kimia tidak hanya digunakan saat kegiatan belajar mengajar, namun juga digunakan untuk praktikum ekstra. Dengan adanya praktikum ekstra diharapkan semua materi kimia tersampaikan sesuai dengan kompetensi dasar dan pembelajaran kimia menjadi lebih efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Moh. Agung Rokhimawan, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: laboratorium, pembelajaran, efektivitas, intensitas, sikap, keterampilan proses, praktikum.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 22 Jul 2014 02:11
Last Modified: 23 Feb 2016 04:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13682

Actions (login required)

View Item View Item