PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MATERI PENCEMARAN UDARA DENGAN PENDEKATAN SALINGTEMAS SEBAGAI SUMBER LITERASI SAINS DAN TEKNOLOGI

VIKA PUJI CAHYANI , NIM. 10670044 (2014) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MATERI PENCEMARAN UDARA DENGAN PENDEKATAN SALINGTEMAS SEBAGAI SUMBER LITERASI SAINS DAN TEKNOLOGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MATERI PENCEMARAN UDARA DENGAN PENDEKATAN SALINGTEMAS SEBAGAI SUMBER LITERASI SAINS DAN TEKNOLOGI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MATERI PENCEMARAN UDARA DENGAN PENDEKATAN SALINGTEMAS SEBAGAI SUMBER LITERASI SAINS DAN TEKNOLOGI)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengembangkan buku pengayaan materi pencemaran udara dengan pendekatan SALINGTEMAS sebagai sumber literasi sains dan teknologi yang memiliki ciri karakteristik proses dan produk, (2) mengetahui kualitas buku pengayaan yang telah dikembangkan sebagai sumber belajar literasi sains dan teknologi berdasarkan penilaian pendidik dan respon peserta didik SMA/MA program IPA. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Disseminate (penyebarluasan). Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap development (pengembangan). Produk buku pengayaan pencemaran udara ini ditinjau oleh dosen pembimbing, ahli materi, ahli media, ahli bahasa serta 5 peer reviewers. Subyek penilaian kualitas buku pengayaan ini adalah 7 pendidik (4 pendidik kimia dan 3 pendidik biologi) dan direspon oleh 33 peserta didik (18 peserta didik kelas XI dan 15 peserta didik kelas XII) SMA/MA di kota Yogyakarta dan Sleman. Instrumen yang digunakan dalam penilaian berupa lembar skala penilaian 1-5 yang berisi 14 aspek dan 32 indikator kriteria beserta penjabarannya. Instrumen respon peserta didik berupa lembar skala penilaian 1-2 yang berisi 7 aspek dan 19 indikator kriteria. Hasil penilaian dan respon berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif, kemudian dianalisis setiap aspeknya untuk menentukan kualitas buku pengayaan yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku pengayaan pencemaran udara dengan pendekatan SALINGTEMAS yang dikembangkan menurut 7 pendidik memperoleh kualitas Sangat Baik (SB). Skor rata-rata yang diperoleh sebesar 141,43 dari skor rata-rata maksimal 160 dengan persentase keidealan sebesar 88,39%. Hasil dari respon 33 peserta didik diperoleh skor rata-rata sebesar 17,09 dari skor rata-rata ideal sebesar 19 dengan persentase keidealan 89,95%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Khamidinal, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: buku pengayaan, pencemaran udara, pendekatan SALINGTEMAS, literasi sains dan teknologi
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 22 Jul 2014 09:19
Last Modified: 23 Feb 2016 14:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13686

Actions (login required)

View Item View Item