SINTESIS DAN KARAKTERISASI EDIBLE FILM KOMPOSIT KARAGENAN-MONTMORILONIT

FAJARIYAH ULFAH , NIM. 10630005 (2014) SINTESIS DAN KARAKTERISASI EDIBLE FILM KOMPOSIT KARAGENAN-MONTMORILONIT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( SINTESIS DAN KARAKTERISASI EDIBLE FILM KOMPOSIT KARAGENAN-MONTMORILONIT )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text ( SINTESIS DAN KARAKTERISASI EDIBLE FILM KOMPOSIT KARAGENAN-MONTMORILONIT )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Telah disintesis dan dikarakterisasi edible film komposit karagenan-montmorilonit. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh komposisi dari komponen penyusun edible film (karagenan sebagai bahan dasar, gliserol sebagai plasticizer, dan montmorilonit sebagai filler), mengetahui pengaruh penambahan montmorilonit terhadap sifat fisik dan mekanik edible film, serta mengetahui interaksi yang terbentuk pada edible film komposit dengan sifat fisik dan mekanik terbaik. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu preparasi awal montmorilonit, uji pendahuluan untuk mengetahui konsentrasi karagenan dan gliserol dengan sifat fisik dan mekanik terbaik, serta sintesis dan karakterisasi edible film komposit karagenan-montmorilonit. Pecetakan edible film menggunakan metode solvent casting. Hasil yang diperoleh dari uji pendahuluan menunjukkan bahwa konsentrasi karagenan dengan sifat fisik dan mekanik terbaik adalah 3,0% (b/v) dan gliserol 1,5% (v/v). Komposisi tersebut digunakan untuk mensintesis edible film komposit dengan variasi konsentrasi montmorilonit, yaitu 1,0% ; 2,0% ; 3,0% ; 4,0% ; dan 5,0% (b/b). Penambahan montmorilonit 1,0 – 3,0% dapat meningkatkan sifat mekanik edible film. Sifat fisik dan mekanik terbaik dicapai pada konsentrasi montmorilonit 3,0% dengan ketebalan 0,107 mm, kuat tarik 4,139 MPa, persen pemanjangan 48,178%, modulus elastisitas 8,590 MPa, dan WVTR 11,980 g/jam m2. Interaksi edible film komposit yang terbentuk adalah eksfoliasi dan interkalasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Irwan Nugraha, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: edible film, karagenan, plasticizer, gliserol, montmorilonit, solvent casting, eksfoliasi, interkalasi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Jul 2014 09:48
Last Modified: 17 Feb 2016 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13690

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum