PROSES ADAPTASI DAN INTERAKSI SOSIAL ANAK PANTI ASUHAN PUTRI SINAR MELATI (IV) BERBAH DENGAN LINGKUNGAN SEKITAR

BAIQ DIAN HURRIYATI , NIM. 10720026 (2014) PROSES ADAPTASI DAN INTERAKSI SOSIAL ANAK PANTI ASUHAN PUTRI SINAR MELATI (IV) BERBAH DENGAN LINGKUNGAN SEKITAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROSES ADAPTASI DAN INTERAKSI SOSIAL ANAK PANTI ASUHAN PUTRI SINAR MELATI (IV) BERBAH DENGAN LINGKUNGAN SEKITAR)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PROSES ADAPTASI DAN INTERAKSI SOSIAL ANAK PANTI ASUHAN PUTRI SINAR MELATI (IV) BERBAH DENGAN LINGKUNGAN SEKITAR)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (516kB)

Abstract

Panti Asuhan Putri Sinar Melati (IV) adalah salah satu panti asuhan putri yang berada di Kecamatan Berbah. Panti asuhan ini memiliki 20 anak asuhan dengan latar belakang pendidikan SMK dan perguruan tinggi. Sebagian besar anak-anak panti asuhan berasal dari luar Yogyakarta, hampir sembilan puluh persen berasal dari Ciamis Jawa Barat. Panti Asuhan ini terletak di tengah-tengah pemukiman warga, tepatnya di RT 07 RW 25 Kampung Tegalrejo Padukuhan Kuncen. Anak-anak asuhannya yang notabene adalah usia remaja ikut berbaur dengan warga sekitar dan megikuti kegiatan-kegiatan desa, sehingga dapat dikatakan bahwa anak-anak Panti Asuhan Putri Sinar Melati (IV) merupakan bagian dari masyarakat di Padukuhan Kuncen. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana proses adaptasi dan interaksi sosial yang dilakukan oleh anakanak Panti Asuhan Putri Sinar Melati (IV) dengan lingkungan sekitarnya. Teori yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian ini adalah Teori Interaksionisme Simbolik Herbert Blumer dan Teori Asimilasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan memberikan gambaran mengenai masalah-masalah sosial melalui datadata berupa kata-kata ataupun gambar. Metode pengambilan data yang digunakan adalah observasi partisipasi, dan wawancara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa upaya yang dilakukan oleh anak-anak Panti Asuhan Putri Sinar Melati (IV) sebagai bentuk proses adaptasi sosial yang mereka lakukan. Upaya-upaya tersebut berupa pembauran dengan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan di lingkungan mereka. Selain itu anak-anak panti asuhan juga melakukan peniruanpeniruan untuk mempermudah adaptasi mereka, dalam proses adaptasi sosial dan interaksi sosial yang mereka lakukan terdapat beberapa kendala-kendala dan kesulitan yang mereka alami. Hal ini berkaitan dengan perlakuan dan penerimaan masyarakat sekitar. Perlakuan yang diberikan oleh warga sekitar merupakan bentuk dari pemaknaan warga terhadap simbol status “anak panti asuhan” yang melekat pada anak-anak Panti Asuhan Putri Sinar Melati (IV). Namun, tidak semua masyarakat memberikan perlakuan tidak baik kepada anak-anak panti asuhan. Sebagian warga terutama ibu-ibu yang tinggal di sekitar panti asuhan, memberikan respon serta apresiasi kepada anak-anak panti asuhan, karena menurut mereka anak-anak panti asuhan cukup aktif dan berperan dalam berbagai kegiatan warga. Perlakuan kurang akrab seringkali datang dari sebagian besar dari kelompok pemuda saja. Peran pengasuh panti asuhan juga cukup besar dalam proses adaptasi sosial dan interaksi sosial yang dilakukan oleh anak-anak panti asuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dadi Nurhaedi, S. Ag., M. Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Adaptasi Sosial, Interaksi Sosial, Anak Panti Asuhan
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 23 Jul 2014 01:53
Last Modified: 30 Dec 2015 07:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13702

Actions (login required)

View Item View Item