KONFLIK PEMANFAATAN SUMBER DAYA AIR ANTARA PETANI SAWAH DAN PETERNAK IKAN (DI DUSUN DENOKAN MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN)

TOPAN WAHYUDI , NIM. 08720023 (2014) KONFLIK PEMANFAATAN SUMBER DAYA AIR ANTARA PETANI SAWAH DAN PETERNAK IKAN (DI DUSUN DENOKAN MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONFLIK PEMANFAATAN SUMBER DAYA AIR ANTARA PETANI SAWAH DAN PETERNAK IKAN (DI DUSUN DENOKAN MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN))
BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (KONFLIK PEMANFAATAN SUMBER DAYA AIR ANTARA PETANI SAWAH DAN PETERNAK IKAN (DI DUSUN DENOKAN MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN))
BAB II, III, IV, V.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Kebutuhan masyarakat terhadap air yang semakin meningkat telah mendorong lebih menguatnya nilai ekonomi air dibanding fungsi sosialnya. Hal tersebut menimbulkan konflik kepentingan antar masyarakat, antar sektor, antar wilayah dan berbagai pihak yang terkait dengan sumber daya air. Seperti yang terjadi di Dusun Denokan Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman DIY. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengapa di Dusun Denokan Maguwoharjo Depok Sleman terjadi konflik kepentingan sumber daya air. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori konflik Ralf Dahrendorf yaitu keteraturan yang terdapat dalam masyarakat hanyalah disebabkan karena adanya tekana atau pemaksaan kekuasaan dari atas oleh golongan yang berkuasa. Adapun jenis penelitian ini yaitu deskriftip-kualitatif, Sedangkan pengumpulan datanya menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara tak terstruktur. Data sekundernya diperoleh dengan cara mengumpulkan data melalui wawancara dan dokumentasi, waktu penelitian kurang lebih selama tiga bulan mulai dari bulan Mei hingga Agustus tahun 2013. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil Penelitian, ditemukan hasil mengenai konflik pemanfaatan sumber daya air di Dusun Denokan Maguwoharjo Depok Sleman. disebabkan oleh adanya perbedaan pendapat antara petani sawah dengan peternak ikan dalam menentukan alternatif penggunaan sumber daya air. Irigasi merupakan sosok yang ditakuti oleh peternak ikan, karena kekhawatiran akan tidak berlangsungnya mekanisme pembagian air dengan baik sehingga sebagai pemilik lahan yang secara geografis berada di bagian atas aliran parit merasa enggan untuk berbagi sumber daya air secara adil dengan para petani sawah yang secara geografis berada di aliran parit bagian bawah. Adanya perbedaan kepentingan antara peternak ikan dan juga petani sawah telah melahirkan konflik yang nyata antara peternak ikan dan petani sawah. Bentuk konflik yang terjadi di Dusun Denokan Maguwoharjo Depok Sleman yaitu main belakang, tidak bertegur sapa, boikot, fanatisme golongan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Sulistayningsih S.Sos. M.Si
Uncontrolled Keywords: Keyword : Konflik Pemanfataan Sumber daya air, penyebab konflik, bentukbentuk konflik, kecamatan Depok.
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Jul 2014 01:21
Last Modified: 22 Dec 2015 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13737

Actions (login required)

View Item View Item