PERAN FORUM PENANGANAN KORBAN KEKERASAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM UPAYA PERLINDUNGAN PEREMPUAN DAN ANAK KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA

FITA KHOIRUL UMAMI , NIM.10720032 (2014) PERAN FORUM PENANGANAN KORBAN KEKERASAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM UPAYA PERLINDUNGAN PEREMPUAN DAN ANAK KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN FORUM PENANGANAN KORBAN KEKERASAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM UPAYA PERLINDUNGAN PEREMPUAN DAN ANAK KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN FORUM PENANGANAN KORBAN KEKERASAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM UPAYA PERLINDUNGAN PEREMPUAN DAN ANAK KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA)
BAB II, III, IV .pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (287kB)

Abstract

Kekerasan dalam Rumah Tangga di Daerah Istimewa Yogyakarta dari tahun ke tahun mengalami peningkatan signifikan. Fenomena tersebut terkait dengan budaya yang dipegang teguh oleh sebagian kalangan masyarakat yang masih menganggap kekerasan di dalam rumah tangga merupakan suatu kekurangan yang tidak perlu untuk diexpose, karena dianggap aib baik bagi diri sendiri maupun keluarga. Oleh karena itu, pemerintah membentuk Forum Penanganan Korban Kekerasan Perempuan dan Anak (FPKK). Forum tersebut dibentuk karena beberapa alasan. Pertama, perlu penanganan tuntas koordinatif dan terpadu karena masalah yang muncul saling terkait yaitu masalah kesehatan, psikologi, hukum dan sosial ekonomi. Kedua, bantuan tetap diperlukan walaupun masalah telah selesai. Ketiga, perlu anggaran yang konsisten dan yang dijamin oleh pemerintah (misalnya untuk perawatan di rumah sakit, akomodasi, konseling, pendampingan pengadilan, akte kelahiran, dll). Keempat, perlu rumah singgah untuk perlindungan sementara. Permasalahan dalam penelitian ini antara lain; bagaimana peran FPKK dalam upaya perlindungan perempuan dan anak korban kekerasan dalam rumah tangga dan apa saja kendala yang dihadapi FPKK dalam upaya perlindungan perempuan dan anak korban kekerasan dalam rumah tangga. Penelitian ini menggunakan landasan teori dari penelitian ini adalah tiga pilar lembaga W. Richard Scott. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah primer yang diperoleh melalui studi lapangan dan data sekunder yang diperoleh melalui studi pustaka dengan narasumber dalam penelitian ini terdiri atas pengurus Forum Penanganan Korban Kekerasan, pengurus P2TPA “Rekso Dyah Utami”, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Anak, pengurus YSI, Polda DIY. Konselor PKBI, dan korban dari Kekerasan dalam Rumah Tangga. Penelitian ini berdurasi tiga bulan yaitu dari bulan Februari sampai dengan April 2014 Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa FPKK dalam upaya perlindungan perempuan dan anak pada umumnya sesuai dengan kebijkan dari Pemerintah DIY. Tetapi ada beberapa hal yang masih belum terpenuhi yaitu dari segi sanksi bagi para anggota FPKK yang masih longgar, kemudian dari segi dukungan budaya, yaitu masih kakunya budaya masyarakat, hingga masih malu dan takut untuk melapor mengenai kekerasan yang dialami. Selain itu peran FPKK dalam upaya perlindungan perempuan dan anak masih mengalami kendala. Kendala yang dihadapi oleh FPKK Antara lain Kurangnya sumber daya manusia yang memadai dalam penanganan kasus KDRT, data yang diterima oleh FPKK belum optimal. Lembaga-lembaga anggota FPKK dalam menyerahkan data masih kurang lengkap. Kemudian upaya masyarakat yang masih menganggap bahwa membicarakan masalah pribadi atau keluarga, apalagi KDRT kepada orang lain adalah tabu atau memalukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Muryanti, S. Sos, MA
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: FPKK, Peran, KDRT, Tiga Pilar Lembaga
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Jul 2014 02:02
Last Modified: 30 Dec 2015 08:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13744

Actions (login required)

View Item View Item