KEGIATAN KHURUJ DAN DINAMIKA KELUARGA JAMA’AH TABLIGH (STUDI PADA ANGGOTA JAMAAH TABLIGH DAN KELUARGA DI MASJID JAMI’ AL ITTIHAD JALAN KALIURANG KM.5 KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

IBNU SATYAHADI , NIM. 08720009 (2014) KEGIATAN KHURUJ DAN DINAMIKA KELUARGA JAMA’AH TABLIGH (STUDI PADA ANGGOTA JAMAAH TABLIGH DAN KELUARGA DI MASJID JAMI’ AL ITTIHAD JALAN KALIURANG KM.5 KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KEGIATAN KHURUJ DAN DINAMIKA KELUARGA JAMA’AH TABLIGH (STUDI PADA ANGGOTA JAMAAH TABLIGH DAN KELUARGA DI MASJID JAMI’ AL ITTIHAD JALAN KALIURANG KM.5 KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KEGIATAN KHURUJ DAN DINAMIKA KELUARGA JAMA’AH TABLIGH (STUDI PADA ANGGOTA JAMAAH TABLIGH DAN KELUARGA DI MASJID JAMI’ AL ITTIHAD JALAN KALIURANG KM.5 KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)

Abstract

Gerakan keagamaan Jama’ah Tabligh adalah gerakan keagamaan yang berkembang di Indonesia. Jama’ah Tabligh berkembang pesat khususnya di Yogyakarta. Jamaah Tabligh merupakan sebuah gerakan keagamaan yang mempunyai konsep gerakan dengan cara dakwah dan tabligh. Adapun metode dari Jamaah Tabligh dalam melaksanakan dakwah sering dikenal dengan Khuruj, yakni keluar dari rumah ke rumah, dari kampung satu ke kampung lain dan bahkan sampai ke luar negeri. Konsep khuruj dalam aplikasinya terdiri dari tiga tahap, yakni 3 hari dalam sebulan, 40 hari dalam setahun, 4 bulan sekali dalam seumur hidup.. Berkaitan dengan pernyataan di atas, penulis ingin mengetahui dinamika keluarga Jama’ah tabligh ketika ditinggal khuruj oleh kepala keluarganya, lalu bagaimana dengan kewajibannya terhadap keluarga yang ditinggalkan. Karena disisi lain ia juga harus menjalankan kewajiban sebagai kepala keluarga sebagaimana mestinya, antara lain memberikan nafkah lahir dan batin, menjamin keamanan dan pertahanan dan lain sebagainya. Dengan begitu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah keluarga Jama’ah Tabligh memiliki dinamika tersendiri dalam membangun keluarga? Adapun jenis penelitian ini yaitu deskriptif-kualitatif. Sedangkan pengumpulan datanya menggunakan data primer yang diperolah dari hasil observasi yaitu observasi, wawancara, serta metode dokumenter. Data sekundernya diperoleh dengan cara mengumpulkan data melalui peninggalan tertulis seperti bukubuku, jurnal, dan sebagainya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data yang sudah terhimpun melalui metode-metode tersebut di atas, pertama-tama diklasifikasikan secara sistematis. Selanjutnya data tersebut disaring dan disusun dalam kategori-kategori untuk pengujian saling dihubungkan. Dalam istilah teknisnya, metode analisis data seperti yang disebutkan adalah metode deskriptif-analisis, yakni metode analisis data yang proses kerjanya meliputi penyusunan dan penafsiran data, atau menguraikan secara sistematis sebuah konsep atau hubungan antar konsep. Jadi, penelitian dalam skripsi ini berusaha untuk memberikan penafsiran terhadap fenomenafenomena yang ditemui di lapangan, tentunya sesuai dengan fokus penelitian yang telah ditentukan dan juga menggunakan teori yang relevan untuk bisa mengungkap dinamika keluarga Jama’ah Tabligh dalam membangun keluarga. Teori tersebut adalah teori structural fungsional, teori keluarga, dan keluarga menurut ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muryanti, S. Sos., M.A
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 14 Aug 2014 09:24
Last Modified: 31 Dec 2015 14:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13765

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum