PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DI BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (BANDIKLAT) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY)

DIYAH KUSRIANI , NIM. 09240059 (2014) PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DI BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (BANDIKLAT) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DI BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (BANDIKLAT) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DI BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (BANDIKLAT) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)

Abstract

Diyah Kusriani, 09240059 dengan judul skripsi “Program Pendidikan dan Pelatihan di Badan Pendidikan dan Pelatihan (BANDIKLAT) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)” , Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, 2014. Aparatur mempunyai peranan penting dalam menciptakan kondisi kepemerintahan yang baik. Oleh karena itu aparatur memerlukan peningkatan kompetensi secara terus menerus melalui proses pendidikan dan pelatihan. Akan tetapi melihat hasil dan evaluasi proses kediklatan aparatur yang telah dilaksanakan saat ini, banyak pihak yang meminta untuk merubah sistem diklat aparatur yang telah dilaksanakan. Tuntutan perubahan proses diklat aparatur ini karena adanya peraturan pola baru tentang penyelenggaraan diklat yang telah dikeluarkan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN). Oleh karena itu Bandiklat DIY berusaha dengan maksimal untuk menyelenggarakan proses diklat yang sudah ada dengan menggunakan pola baru yang telah ditetapkan. Agar para aparatur yang mengikuti diklat, merasakan pola baru untuk merubah kinerja dan kepemimpinan pada instansinya masing-masing. Penelitian ini penting karena akan mendeskripsikan dan menganalisa tentang program pendidikan dan pelatihan yang ada di Bandiklat baik dengan pola baru ataupun dengan pola yang lama. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif-kualitatif. Dalam teknisnya, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, dilakukan klasifikasi, editing dan penyajian data sesuai karakter dan jenis masing-masing data. Sebelum data yang terkumpul dianalisis, terlebih dahulu dilakukan pengecekan keabsahannya melalui metode peningkatan ketekunan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa (1) Program pendidikan dan pelatihan di Bandiklat DIY diketahui akan keberhasilannya dalam pelaksanaan diklat dan dapat dilihat dari tercapainya program perubahan yang telah di buat dan di sepakati oleh mentor (atasan) dan bawahannya. (2) Faktor yang mendukung dalam pelaksanaan diklat ini adalah kelengkapan fasilitas, kepercayaan peserta terhadap Bandiklat serta dengan adanya tim penyelenggara yang sudah baik dan membuat proses diklat berjalan dengan lancar. (3) Hambatan yang di alami Bandiklat yaitu anggaran dari APBD DIY yang masih terbatas, sarana dan prasarana masih belum memadai untuk pelaksanaan pola baru, kurangnya widyaiswara dalam melaksanakan diklat. (4) Upaya untuk mengatasi hambatan dengan cara meminimalisir pengeluaran dengan anggaran yang ada serta menambah dan memperbaiki sarana dan prasarana diklat untuk meningkatkan kualitas pelayanan diklat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Muhammad Rosyid Ridla, M.Si.
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 Aug 2014 15:23
Last Modified: 20 Oct 2015 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13774

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum