STRATEGI COPING ATLET TAEKWONDO DALAM MENGHADAPI KEJUARAAN (STUDI KASUS ATLET DOJANG UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DALAM KEJUARAAN INSTIPER CUP)

JULIANA DEWI PURNAMASARI, NIM. 10250018 (2014) STRATEGI COPING ATLET TAEKWONDO DALAM MENGHADAPI KEJUARAAN (STUDI KASUS ATLET DOJANG UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DALAM KEJUARAAN INSTIPER CUP). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI COPING ATLET TAEKWONDO DALAM MENGHADAPI KEJUARAAN (STUDI KASUS ATLET DOJANG UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DALAM KEJUARAAN INSTIPER CUP))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI COPING ATLET TAEKWONDO DALAM MENGHADAPI KEJUARAAN (STUDI KASUS ATLET DOJANG UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DALAM KEJUARAAN INSTIPER CUP))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (887kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah bahwa kejuaraan merupakan sebuah ajang untuk berkompetisi. Kejuaraan dapat memberikan tekanan terhadap para atlet yang mengikuti kejuaraan tersebut. Apabila atlet tidak bisa mengatasi atau menetralisir tekanan tersebut dapat membuat diri atlet merasakan adanya kecemasan dan stres yang pada akhirnya akan mengganggu performance atlet selama di pertandingan, atlet akan menjadi diam bahkan juga akan sangat agresif terhadap lawannya. Kemampuan seseorang dalam menghadapi stres (strategi coping) merupakan keterampilan psikologis individu yang akan mempengaruhi penyikapan atau pemecahan masalah terhadap suatu masalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi coping yang dilakukan atlet Taekwondo Indonesia Dojang UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam menghadapi kejuaraan dan apa saja faktor yang mempengaruhi atlet Taekwondo Indonesia Dojang UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam melakukan strategi coping. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Informan dalam penelitian ini berjumlah tiga atlet yang tergabung dalam olahraga beladiri Taekwondo Indonesia Dojang UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, pelatih, serta manager dan official tim. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, interview / wawancara bebas terpimpin, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menyusun potongan-potongan data yang tidak beraturan menjadi data yang lebih beraturan, kemudian menyajikan data tersebut dengan singkat ke dalam bentuk teks yang bersifat deskriptif, selanjutnya dilakukan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Strategi coping yang dilakukan ketiga informan sebelum bertanding lebih berfokus pada Problem Focused Coping (PFC). Bentuk strategi coping yang dilakukan yakni selalu berdoa, selalu menciptakan pikiran yang positif, mendengarkan musik, berbincang-bincang dengan temannya, serta melakukan peredaan / peringanan (palliation). Seperti: melakukan pemanasan ringan, latihan menendang-nendang target, menggerakgerakkan tubuh, dan lari-lari kecil. Pada saat di pertandingan, kedua informan lebih menggunakan strategi coping yang berfokus pada Problem Focused Coping (PFC) dan Emotion Focused Coping (EFC). Sedangkan satu informan konsisten dengan menggunakan strategi coping yang berfokus pada Problem Focused Coping (PFC). 2) Faktor yang mempengaruhi informan dalam melakukan strategi coping, yaitu: kondisi fisik, keyakinan diri atau pandangan positif, keterampilan memecahkan masalah, dan dukungan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Abidah Muflihati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: strategi coping, atlet Taekwondo, kejuaraan.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 19 Aug 2014 01:10
Last Modified: 22 Oct 2015 02:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13792

Actions (login required)

View Item View Item