PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM CSR (Corporate Social Responsibility) PT. PERTAMINA DPPU ADI SUTJIPTO DI DUSUN NAYAN MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

MUHAMAD UFIK NURHUDA , NIM. 10250033 (2014) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM CSR (Corporate Social Responsibility) PT. PERTAMINA DPPU ADI SUTJIPTO DI DUSUN NAYAN MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM CSR (Corporate Social Responsibility) PT. PERTAMINA DPPU ADI SUTJIPTO DI DUSUN NAYAN MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM CSR (Corporate Social Responsibility) PT. PERTAMINA DPPU ADI SUTJIPTO DI DUSUN NAYAN MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Muhamad Ufik Nurhuda, Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program CSR (Corporate Social Responsibility) PT. Pertamina DPPU Adi Sutjipto Di Dusun Nayan Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta. Skripsi : Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan pemberdayaan melalui program CSR yang dilakukan oleh PT Pertamina DPPU Adi Sutjipto Yogyakarta di Dusun Nayan Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta serta dampak kesejahteraan bagi masyarakat setempat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menambah wawasan, ilmu pengetahuan, dan membantu para praktisi CSR untuk mencanangkan programnya dalam strategi pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil obyek penelitian pelaksanaan program CSR (Corporate Social Responsibility) di dusun Nayan Depok Sleman Yogyakarta. Dengan subyek utamanya merupakan orangorang yang berada di dalam keorganisasian perusahaan PT. Pertamina DPPU Adi Sutjipto dan masyarakat pembudidaya ikan di Nayan. Kemudian untuk teknik pengumpulan data, yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisisnya dengan menggunakan metode deskriptif yang dilakukan dengan cara mengumpulkan semua informasi, mereduksi data dan kemudian menyajikan hasil dengan teknik berfikir deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : strategi pemberdayaan masyarakat Nayan melalui program CSR PT. Pertamina DPPU Adi Sutjipto yang diwujudkan dengan upaya budidaya ikan air tawar melalui 3 tahap, yaitu : (1) Enable Setting, pada tahap tersebut program CSR dimulai dengan koordinasi yang dilakukan bersama masyarakat Nayan dalam menentukan usaha pemberdayaan melalui budidaya ikan air tawar. (2) Empowering Local Community, pada tahap ini pelaksanaan program CSR diwujudkan dengan penyelenggaraan pelatihanpelatihan dan sosialisasi tentang cara-cara budidaya ikan air tawar dengan baik dan benar. (3) Socio-Political, pada tahap ini program CSR diwujudkan dengan didirikannya UPI (Unit Pengolahan Ikan) dan koperasi Produsen Mino Ngudi Lestari. Selain itu pada tahap ini pemberdayaan masyarakat Nayan dilaksanakan dengan bantuan kerjasama dari dinas terkait yaitu DKP (Dinas Kelautan dan Perikanan). Dampak dari adanya pelaksanaan program adalah meningkatnya produktifitas panen ikan oleh pembudidaya ikan masyarakat Nayan sehingga kesejahteraan masyarakat bida terpenuhi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Muhammad Izzul Haq, Msc
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : pemberdayaan, program CSR, DPPU Adi Sutjipto.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 20 Aug 2014 01:11
Last Modified: 22 Oct 2015 02:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13801

Actions (login required)

View Item View Item