METODE KOMUNIKASI MELALUI BAHASA GERAK TUBUH DAN LISAN PADA MATERI AL-QUR’AN UNTUK ANAK USIA DINI

SITI ULIL HIDAYAH , NIM. 09210086 (2014) METODE KOMUNIKASI MELALUI BAHASA GERAK TUBUH DAN LISAN PADA MATERI AL-QUR’AN UNTUK ANAK USIA DINI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( METODE KOMUNIKASI MELALUI BAHASA GERAK TUBUH DAN LISAN PADA MATERI AL-QUR’AN UNTUK ANAK USIA DINI )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( METODE KOMUNIKASI MELALUI BAHASA GERAK TUBUH DAN LISAN PADA MATERI AL-QUR’AN UNTUK ANAK USIA DINI )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)

Abstract

Bahasa geraktubuh (komunikasi nonverbal) adalah bentuk komunikasi yang menggunakan gerakan tubuh atau juga disebut bahasa isyarat atau body language, sedangkan bahasa lisan (komunikasi verbal) adalah bentuk komunikasi yang menggunakan bahasa lisan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang metode komunikasi melalui bahasa gerak tubuh dan bahasa lisan pada materi Al-Qur’an pada anak usia dini serta untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi metode komunikasi bahasa gerak tubuh dan lisan untuk anak usiadini. Informan penelitian adalah guru kelas A1 dan A2 sebagai informan kunci (key informan), dan kepala sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam kategori penelitian lapangan (field research) yang bersifat diskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakana dalah analisis data kualitatif model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode komunikasi melalui bahasa isyarat tangan, dan bahasa lisan sangat berpengaruh pada materi Al-Qur’an untuk anak TK Terpadu Budi Mulia Dua Seturan baik anak normal ataupun ABK. Metode komunikasi melalui Bahasa gerak tubuh dan lisan tidak dapat dipisahkan dalam penyampaian materi Al-Qur’an, karena fungsi dari kedua bahasa tersebut saling terkait, diantaranya membantu anak untuk dapat mengingat serta menghafal materi ayat Al-Qur’an yang disampaikan oleh guru, serta dapat mempraktekkannya. Metode yang digunakan pada materi Al-Qur’an yaitu dengan bahasa gerak tubuh dan lisan. Metode ini sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan anak usia dini dalam materi Al-Qur’an. Pemahaman dasar metode bahasa gerak tubuh yaitu dengan mengikuti intruksi tiga langkah dan memahami serta mengingat detail cerita, sedangkan metode bahasa lisan yaitu dengan memaahami kalimat beserta kata kunci dan dapat menceritakan kejadian dalam buku cerita atau acara. Faktor yang mempengaruhi metode komunikasi melalui bahasa gerak tubuh dan lisan untuk anak usia dini di TK Terpadu Budi Mulia Dua Seturan diantaranya yaitu anak masih sulit membedakan antara posisi tangan antara kana atau kiri serta faktor internal, dan faktor ekasternal. Semua materi Al-Qur’an yang disampaikan di TK Terpadu Budi Mulia Dua Seturan sudah disesuaikan dengan kehidupan keseharian anak, supaya anak dengan mudah mengingat serta dapat mempraktekkannya dengan senang dan tanpa paksaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ristiana Kadarsih, S.Sos., M.A
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : metode komunikasi pada materi Al-Qur’an untuk anak usia dini.
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Aug 2014 13:42
Last Modified: 19 Oct 2015 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13808

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum