KINERJA PEKERJA SOSIAL DALAM ADVOKASI ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI YAYASAN LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK (YLPA) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

MUHAMMAD IQBAL HENDRAWAN , NIM. 10250012 (2014) KINERJA PEKERJA SOSIAL DALAM ADVOKASI ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI YAYASAN LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK (YLPA) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KINERJA PEKERJA SOSIAL DALAM ADVOKASI ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI YAYASAN LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK (YLPA) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (766kB) | Preview
[img] Text (KINERJA PEKERJA SOSIAL DALAM ADVOKASI ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI YAYASAN LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK (YLPA) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Seorang anak memerlukan pembinaan dan perlindungan yang khusus dalam rangka menjamin pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental, dan sosial secara seimbang, ini semua merupakan upaya dalam rangka tecapainya pemenuhan hak anak, tanpa terkecuali anak yang sedang berhadapan dengan hukum juga harus mendapatkan haknya sebagai anak. Seperti peraturan yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak menyebutkan bahwa anak harus mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi saat berproses dalam hukum. Selanjutnya dalam Undang-Undang yang sama disebutkan bahwa yang bertugas untuk melakukan perlindungan terhadap anak yang berhadapan dengan hukum adalah Lembaga Penyelenggara Kesejahteraan Sosial yang melaksanakan penyelenggaraan kesejahteraan anak. Salah satu lembaga yang menyelenggarakan kesejahteraan anak adalah Yayasan Lembaga Perlindungan Anak (YLPA) Daerah Istimewa Yogyakarta, dan yang melaksanakan penyelenggaraan kesejahteraan sosial anak tersebut adalah pekerja sosial sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial. Penelitian ini mempunyai fokus rumusan masalah mengenai bagaimana kinerja pekerja sosial sebagai pelaksana penyelenggaraan kesejahteraan sosial dalam melaksanakan advokasi anak yang berhadapan dengan hukum di YLPA DIY. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dari hasil pengumpulan data tersebut akan dilakukan analisis data yang dimana didalamnya terdapat reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta penulis akan menguji keabsahan datanya dengan metode triangulasi data. Dalam penelitian ini penulis akan mendeskripsikan bagiaman kinerja pekerja sosial dilihat dari lima indikator kinerja yakni produktivitas, responsivitas, tanggung jawab, kerja sama, dan kepemimpinan, serta faktor apa saja yang dapat mempengaruhi terhadap lima indikator tersebut. Dari hasil pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi, menunjukan bahwa dari lima indikator sebagaimana yang telah disebutkan di atas pekerja sosial telah melakukan advokasi terhadap anak yang berhadapan dengan hukum sesuai dengan profesionalitas pekerja sosial, namun demikan pekerja sosial masih memiliki kekurangan. Sikap profesional pekerja sosial serta kekurangan tersebut dipengaruhi oleh faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pekerja sosial, yakni faktor individu, kepemimpinan, tim, sistem, dan faktor kontekstual atau faktor situasional yang terjadi pada saat itu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Muhammad Izzul Haq, M. Sc
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kinerja, Pekerja Sosial, Advokasi, Anak yng Berhadapan dengan Hukum.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 20 Aug 2014 06:45
Last Modified: 22 Oct 2015 02:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13809

Actions (login required)

View Item View Item