METODE BIMBINGAN KEMANDIRIAN PADA ANAK TUNADAKSA DI SLB G DAYA ANANDA PURWOMARTANI KALASAN SLEMAN

MUSRIFAH , NIM. 10220016 (2014) METODE BIMBINGAN KEMANDIRIAN PADA ANAK TUNADAKSA DI SLB G DAYA ANANDA PURWOMARTANI KALASAN SLEMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (METODE BIMBINGAN KEMANDIRIAN PADA ANAK TUNADAKSA DI SLB G DAYA ANANDA PURWOMARTANI KALASAN SLEMAN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (METODE BIMBINGAN KEMANDIRIAN PADA ANAK TUNADAKSA DI SLB G DAYA ANANDA PURWOMARTANI KALASAN SLEMAN)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

MUSRIFAH. Bimbingan Kemadirian Pada Anak Tunadaksa di SLB G Daya Ananda Purwomartani Kalasan Sleman. Skripsi.Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, 2014. Tunadaksa adalah individu yang mengalami kecacatan pada anggota tubuhny abukan pada inderanya. Karena anak tunadaksa mengalami keterbatasan gerak pada anggota tubuhnya sehingga di dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti layaknya anak normal lainnya pasti akan banyak mengalami kesulitan, oleh sebab itu anak tunadaksa membutuhkan bimbingan kemandirian agar bias lebih mandiri dalam melakukan aktivitas sehari-hari tanpa tergantung pada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode apa yang digunakan dalam bimbingan kemandirian pada anak tunadaksa di SLB G Daya Ananda Purwomartani Kalasan Sleman, untuk mengetahui hasil pelaksanaan bimbingan kemandirian pada anak tunadaksa, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian anak tunadaksa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dengan mengambil lokasi penelitian di SLBG G Daya Ananda. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, setelah data terkumpul kemudian disusun dengan urutan pembahasan yang telah direncanakan, kemudian dilakukan interpretasi secukupnya dan kemudian dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode yang digunakan oleh pembimbing dalam memberikan bimbingan kemandirian adalah menggunakan pertama metode demonstrasi adapun factor pendukung dari metode ini adalah kestabilan emosi pembimbing, ketersediaan fasilitas yang memadai, Adanya interaksi yang akrab antara pembimbing dan anak tunadaksa, keahlian pembimbing, program-program sekolah, sedangkan factor penghambat metode ini adalah metode yang kurang variatif dan waktu yang sangat terbatas. Kedua eksperimen. Adapun factor pendukung metode ini adalah samahalnya dengan metode demonstrasi selain itu faktor lain yang mendukung metode ini adalah motivasi dalam diri anak tunadaksa, sedangkan penghamba tmetode ini adalah karakter anak yang berbeda, kurang peranan dari orang tua, waktu yang sangat terbatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Irsyadunnas, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Bimbingan kemandirian, anak tunadaksa
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Aug 2014 09:14
Last Modified: 19 Oct 2015 15:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13811

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum