PANDANGAN ORANG TUA TERHADAP KESEJAHTERAAN ANAK (STUDI KASUS DI KAMPUNG RAMAH ANAK NOTOTARUNAN RW 06 GUNUNGKETUR, PAKUALAMAN, YOGYAKARTA)

SAYEKTI PUJANINGTYAS JATI LESTARI , NIM. 10250065 (2014) PANDANGAN ORANG TUA TERHADAP KESEJAHTERAAN ANAK (STUDI KASUS DI KAMPUNG RAMAH ANAK NOTOTARUNAN RW 06 GUNUNGKETUR, PAKUALAMAN, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PANDANGAN ORANG TUA TERHADAP KESEJAHTERAAN ANAK (STUDI KASUS DI KAMPUNG RAMAH ANAK NOTOTARUNAN RW 06 GUNUNGKETUR, PAKUALAMAN, YOGYAKARTA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PANDANGAN ORANG TUA TERHADAP KESEJAHTERAAN ANAK (STUDI KASUS DI KAMPUNG RAMAH ANAK NOTOTARUNAN RW 06 GUNUNGKETUR, PAKUALAMAN, YOGYAKARTA))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (607kB)

Abstract

SAYEKTI PUJANINGTYAS JATI LESTARI. Pandangan Orang Tua terhadap Kesejahteraan Anak (Studi Kasus di Kampung Ramah Anak Nototarunan RW 06 Gunungketur, Pakulaman, Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta. Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial. Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga. 2014. Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya peraturan perundangundangan di Indonesia tentang anak, kesejahteraan anak, konvensi hak anak, dan lain sebagainya yang membahas mengenai hak anak, akan tetapi masih banyak muncul permasalahan sosial anak. Keluarga, pemerintah, dan Negara seharusnya berupaya terhadap pemenuhan hak anak tersebut, akan tetapi karena masih adanya pandangan klasik orang tua maka hak-hak anak belum sepenuhnya diketahui oleh orang tua. Oleh karena itu pemerintah membuat suatu kebijakan mengenai kota layak anak, dimana dalam mewujudkan kota layak anak maka dibentuklah kampung-kampung ramah anak. Lokasi penelitian ini di kampung ramah anak Nototarunan Yogyakarta. Lokasi dipilih karena berbeda dengan kampung ramah anak yang lain. Permasalahan penelitian ini adalah apa pemahaman orang tua terhadap kampung ramah anak, serta bagaimana pandangan orang tua terhadap kesejahteraan anak sebelum dan sesudah menjadi kampung ramah anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dimensi kesejahteraan anak melalui kampung ramah anak Nototarunan RW 06 Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta baik dari segi pandangan orang tua terhadap anak baik sebelum maupun sesudah menjadi kampung ramah anak, faktor-faktor yang mempengaruhi pandangan orang tua dan pengetahuan orang tua mengenai Undang-undang tentang kesejahteraan anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dengan membandingkan hasil wawancara dengan suatu dokumen dan artikel baik dari internet maupun buku yang berkaitan serta hasil dari observasi yang dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan kampung ramah anak masih belum diketahui oleh seluruh warga kampung. Ada beberapa warga yang tidak mengetahui bahwa kampungnya dijadikan kampung ramah anak. Sebelum menjadi kampung ramah anak, orang tua masih menggunakan pandangan klasik dan setelah menjadi kampung ramah anak, orang tua mengetahui bagaimana cara memperlakukan anak dengan memberikan hak-hak anak yang harusnya diberikan oleh orang tua. Pandangan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor tingkat pendidikan orang tua, kepribadian orang tua, dan perlakuan orang tua terhadap anaknya dalam kehidupan sehari-hari serta kurangnya pengetahuan orang tua terhadap Undang-undang tentang kesejahteraan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. H. Waryono Abdul Ghofur, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kesejahteraan Anak, Pandangan Orang Tua, Kampung Ramah Anak.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Aug 2014 02:33
Last Modified: 22 Oct 2015 02:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13816

Actions (login required)

View Item View Item