IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA NO.4 TAHUN 2012 DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN DISABILITAS (STUDI KASUS DI BALAI REHABILITAS TERPADU PENYANDANG DISABILITAS PIRING,SRIHARDONO, PUNDONG, BANTUL, YOGYAKARTA)

M. RIZAL DHUKHA ISLAM , NIM. 10230012 (2014) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA NO.4 TAHUN 2012 DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN DISABILITAS (STUDI KASUS DI BALAI REHABILITAS TERPADU PENYANDANG DISABILITAS PIRING,SRIHARDONO, PUNDONG, BANTUL, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA NO.4 TAHUN 2012 DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN DISABILITAS (STUDI KASUS DI BALAI REHABILITAS TERPADU PENYANDANG DISABILITAS PIRING,SRIHARDONO, PUNDONG, BANTUL, YOGYAKARTA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA NO.4 TAHUN 2012 DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN DISABILITAS (STUDI KASUS DI BALAI REHABILITAS TERPADU PENYANDANG DISABILITAS PIRING,SRIHARDONO, PUNDONG, BANTUL, YOGYAKARTA))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (126kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Implementasi Peraturan Daerah Istimewa Yogyakarta NO.4 Tahun 2012 Dalam Peningkatan Kesejahteraan Disabilitas (Studi Kasus Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas Bantul)”. Penelitian ini fokus utamanya adalah mengungkap konsep dan implementasi peraturan daerah dalam pemberdayaan penyandang disabilitas melalui BRTPD. Subjek penelitian terdiri dari bapak Hadi selaku kepala BRTPD, bapak Waluyo selaku kasi bina daksa dan ruwi, ibu Bena selaku kasi bina netra dan grahita, bapak Sony selaku pendamping warga binaan, saudara Bowo, Eka, Aisyah, Fitri selaku warga binaan di BRTPD. Pemilihan informan sebagai subjek penelitian dilakukan dengan cara “Key Informan” yaitu dengan memilih tokoh-tokoh kunci. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan metode deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa salah satu konsep dan implementasi peraturan daerah No.4 tahun 2012 dalam peningkatan kesejahteraan disabilitas, terdapat empat konsep dalam pemberdayaan penyandang disabilitas: pertama, Rehabilitasi sosial. Kedua, Jaminan sosial. Ketiga, Pemberdayaan sosial. Keempat, Perlindungan sosial. Keempat konsep ini harus berjalan bersamaan, agar peningkatan kesejahteraan penyandang disabilitas dapat terwujud dalam segala aspek kehidupan dan penghidupan. Rehabilitasi sosial, mengupayakan peningkatan kemampuan dalam melaksanakan fungsi sosialnya di masyarakat, selain itu juga dimaksudkan untuk mengubah paradigma masyarakat yang menganggap penyandang disabilitas menambah beban terhadap orang disekelilingnya. Bentuk pelaksanaan dari rehabilitasi ini adalah diberikannya wadah/ balai rehabilitasi kepada penyandang disabilitas dan pendidikan serta keterampilan guna menunjang keberdayaan disabilitas. Jaminan sosial, jaminan yang diberikan kepada penyandang disabilitas untuk memenuhi segala kebutuhan dasar difabel. Bentuk pelaksanaannya adalah diberikannya fasilitas dan aksesibilitas secara gratis kepada penyandang disabilitas. Warga binaan diminta untuk fokus dalam pelatihan keterampilan yang diberikan oleh BRTPD. Pemberdayaan sosial, pemberian daya dan kekuatan kepada yang lemah agar bisa meningkatkan fungsi sosial dalam bermasyarakat.bentuk pelaksanaannya adalah pemberdayaan yang meliputi pada pra rehabilitasi, saat rehabilitasi, dan paska rehabilitasi dan pemberian motivasi untuk menunjang semangat seorang difabel. Perlindungan sosial, sama halnya pemberian rasa nyaman kepada penyanddang disabilitas. artinya tidak lagi membiarkan penyandang disabilitas termarginalkan oleh lingkungan sekitarnya yang menganggap bahwa kehadirannya menambah beban terhadap orang disekelilingnya. Bentuk pelaksanaannya sama seperti rehabilitasi sosial, yaitu dengan memberikan tempat untuk menyalurkan minat, bakat dari seorang difabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Aziz Muslim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: rehabilitasi sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial,perlindungan sosial, dan kesejahteraan disabilitas
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Aug 2014 07:23
Last Modified: 16 Oct 2015 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13824

Actions (login required)

View Item View Item